Ribuan Pesilat PSHW Khidmat Ikuti Suran Agung di Madiun

Sejumlah pesilat PSHW Tunas Muda mengikuti kegiatan Suran Agung di Lapangan Winongo, Kota Madiun, Minggu (23/9 - 2018). (Solopos/Abdul Jalil)
24 September 2018 12:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ribuan pesilat Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) Tunas Muda dari berbagai daerah membanjiri Kota Madiun, Minggu (23/9/2018). Para pesilat ini mengikuti kegiatan tahunan Suran Agung di Lapangan Winongo.

Pantauan Madiunpos.com di wilayah Kota Madiun, sejumlah pesilat PSHW Tunas Muda mengenakan pakaian serbahitam dengan kain kuning diikatkan dipinggang. Mereka datang menggunakan kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor, mobil, bus, hingga bak terbuka.

Pesilat yang datang dari luar Madiun dikawal ketat oleh polisi. Para pesilat dari luar Madiun menggunakan bus dan mobil sampai di lokasi acara.

Di lokasi acara Lapangan Winongo, ribuan pesilat dengan khidmat mengikuti rangkaian acara. Berbagai pertunjukan silat ditampilkan dalam acara rutin itu.

Ketua Umum PSHW Tunas Muda Madiun, Raden Agus Wiyono, mengatakan dalam peringatan Suran Agung ini juga untuk memperingati 10 Sura. Di dunia Islam, bulan Sura merupakan bulan baik untuk melaksanakan ibadah dan amal saleh.

"Ajaran eyang tidak untuk dikultuskan, tapi untuk diambil hikmahnya. Pesilat PSH Winongo harus melaksanakan amar maruf nahi munkar secara konsekuen," kata dia.

Agus menuturkan PSHW Tunas Muda patuh terhadap pemerintah. Pesilat PSHW Tunas Muda diharapkan bisa ikut menyukseskan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 mendatang.

"Kami juga mendukung untuk mewujudkan demokrasi yang aman dan damai. Mari kita ciptakan kondisi negara yang kondusif, damai, serta menjaga persatuan dan kesatuan," ujar dia.