Suran Agung Digelar 23 September 2018, Polres Madiun Siapkan Ini

Polisi memeriksa sepeda motor milik warga yang hendak mengikuti Suran Agung 2017 di sekitar Pasar Sleko, Kota Madiun, Kamis (21/9 - 2017). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
15 September 2018 04:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Polres Madiun merancang pola pengamanan kegiatan tahunan Suran Agung yang digelar Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) yang berpusat di Kota Madiun. Suran Agung PSHW tahun 2018 akan dilaksanakan pada 23 September mendatang.

Kegiatan Suran Agung PSHW diprediksi berlangsung damai dan aman seperti kegiatan Suroan yang dilakukan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pada 11 September lalu.

Kapolres Madiun, AKBP I Made Agus Prasatya, mengatakan pihaknya telah merancang pola pengamanan untuk kegiatan Suran Agung PSHW. Dia meminta kepada seluruh pesilat PSHW untuk tidak menggelar konvoi roda dua untuk menuju ke makam pendiri PSHW.

"Kami mendukung kegiatan tradisi budaya luhur itu tetap dilaksanakan. Kami sudah memiliki pola pengamanan," jelas Made kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Dalam pengamanan Suran Agung PSHW, kata Made, Polres Madiun akan dibantu Satgas Sentot Prawirodirjo. Satgas tersebut merupakan gabungan satgas pengamanan dari beberapa perguruan silat yang tergabung dalam Ikatan Perguruan Silat Indonesia (IPSI).

"Jadi kegiaatan Suran Agung nanti juga dijaga Satgas Sentot Prawirodirjo yang di dalamnya terdapat Pam Swakarsa. Kami juga telah berkoordinasi dengan PSHW terkait pengamanan kegiatan ini," terang dia.

Lebih lanjut, Made saat ini masih menunggu surat rekomendasi kegiatan Suran Agung dari Polres Madiun Kota. Surat tersebut dikeluarkan Polres Madiun Kota karena lokasi acara ada di wilayah Kota Madiun.

"Yang jelas kami siap untuk memfasilitasi. Supaya kegiatan tradisi ini berlangsung tertib. Itu terbukti pada tahun 2017," ujar dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia