Tim Destana Lereng Gunung Lawu Bersiaga Antisipasi Banjir

Ilustrasi banjir. (Bisnis/Paulus Tandi Bone)
14 September 2018 18:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, NGAWI -- Mendekati musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menggelar simulasi tanggap bencana di wilayah rawan banjir guna mengedukasi masyarakat dalam hal penanganan bencana alam.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Ngawi Suyanto mengatakan simulasi digelar di Desa Purwosari, Kecamatan Kwadungan, Ngawi, yang merupakan daerah langganan banjir akibat Sungai Bengawan Madiun yang meluap.

"Simulasi ini untuk mengantisipasi timbulnya banjir besar pada musim hujan mendatang. Hal itu menyusul kondisi alam dan hutan saat ini yang semakin parah," ujar Suyanto kepada wartawan, Rabu (13/9/2018).

Selain simulasi, pihaknya juga menyiagakan tim desa tanggap bencana (Destana) untuk penanganan dan kesiapsiagaan dalam mengevakuasi korban bencana.

Suyanto menambahkan selain antisipasi bencana banjir, pihaknya juga menyiagakan tim Destana di daerah lereng Gunung Lawu.

Hal itu untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor di lereng Lawu yang hutannya rusak parah akibat kebakaran.

Dia meminta warga yang tinggal di lokasi rawan bencana, khususnya di daerah aliran sungai dan lereng Gunung Lawu, agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana.

"Terlebih saat musim hujan mendatang. Kewaspadaan harus mulai diajarkan sedari dini, agar pada saat terjadi bencana tidak panik dan mampu bertindak dalam kondisi darurat," katanya.

Suyanto menambahkan pengetahuan tentang kesiapsiagaan dan penanganan bencana sangatlah penting. Sebab, semakin tinggi kesadaran masyarakat dalam antisipasi dan penangulangan bencana, maka semakin minim jumlah korban yang diderita.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara