Kabupaten Madiun Dapat Jatah 349 CPNS Tahun 2018

Peserta ujian CPNS mengerjakan soal menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). (Solopos/Dok)
14 September 2018 14:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengumumkan akan melakukan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Kabupaten Madiun diinformasikan mendapat jatah kursi CPNS sebanyak 349.

Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Tontro Pahlawanto, mengatakan informasi yang diterima Pemkab Madiun akan mendapatkan jatah kuota 349 CPNS pada rekrutmen CPNS tahun ini.

Namun, kuota itu belum resmi dan masih masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

Tontro menuturkan seleksi calon pegawai negeri sipil ini menjadi salah satu skala prioritas Pemkab Madiun pada tahun ini. Program pengadaan CPNS tahun ini bahkan sudah masuk dalam nota keuangan perubahan APBD 2018.

"Sampai saat ini belum ada surat keterangan resmi dari pemerintah pusat terkait jatah CPNS bagi Pemkab Madiun," kata Tontro Pahlawanto, Kamis (13/9/2018).

Dia menuturkan kebutuhan CPNS di Kabupaten Madiun jumlahnya lebih dari 349 orang. Menurut dia, setiap bulan ada sekitar 30 PNS Pemkab Madiun yang memasuki masa pensiun. Sehingga rencana kuota itu belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan PNS di Kabupaten Madiun.

Lebih lanjut, Tontro menyampaikan pemerintah daerah hanya memiliki kewenangan untuk mendukung proses seleksi dalam rekrutmen CPNS 2018. Dia menyebut pemkab memiliki tugas untuk menyediakan ruangan ujian maupun kebutuhan pendukung seleksi seperti perangkat komputer.

Seleksi CPNS 2018 masih menggunakan pola yang sama seperti seleksi CPNS sebelumnya yaitu tes dilakukan secara online atau Computer Assisted Test (CAT). Secara keseluruhan dalam pelaksanaan seleksi CPNS merupakan tanggung jawab pemerintah pusat.

"Dengan adanya tes CPNS melalui online atau CAT ini tentu meminimalisir kecurangan dalam rekrutmen CPNS," jelas dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya