Jalur Pendakian Cemoro Sewu Magetan Masih Ditutup

Pintu jalur pendakian Cemoro Sewu Magetan masih ditutup, Rabu (12/9 - 2018) sore. (Solopos/Abdul Jalil)
12 September 2018 17:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Magetan, masih ditutup hingga Rabu (12/9/2018) sore. Penutupan jalur pendakian ini karena adanya kebakaran di wilayah Candi Cetho.

Pantauan Madiunpos.com di jalur pendakian Cemoro Sewu, Rabu sore, gerbang masuk pendakian tertutup. Ada keterangan tertulis yang menjelaskan jalur pendakian ditutup sementara.

Para pendaki juga tak terlihat di lokasi pintu pendakian Gunung Lawu Cemoro Sewu. Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Sarangan, Kholil, mengatakan Rabu ini jalur pendakian Cemoro Sewu masih ditutup. Sampai Rabu jumlah pendaki atau warga yang akan melaksanakan ritual di Puncak Lawu sangat sedikit.

Dia menyebutkan pada Senin (10/9/2018) lalu ada ribuan pendaki dan warga yang hendak melakukan ritual di Puncak Lawu. Namun, karena ada kebakaran di kawasan Cetho akhirnya jalur pendakian ditutup. Sedangkan ribuan pendaki memutuskan pulang.

"Hari ini sepi. Hanya ada beberapa pendaki. Mereka enggak bisa melakukan pendakian karena jalurnya masih ditutup," jelas dia saat berbincang dengan Madiunpos.com.

Kholil menuturkan pembukaan jalur pendakian Cemoro Sewu masih menunggu kondisi alam dan arahan dari pimpinan. Nantinya ada koordinasi dari berbagai sektor sebelum pintu pendakian dibuka.

Lebih lanjut, Kholil mengatakan pada Rabu pagi tim pengamanan jalur dari Basarnas, BPBD, PGL, Tagana, Polri, TNI, FKAM, Perhutani, dan polisi hutan secara resmi dibubarkan. Hal ini karena kondisi hutan di jalur puncak Cemoro Sewu dinilai sudah aman.



Tokopedia