Pawai Taaruf Warnai Perayaan Tahun Baru Hijriyah di Madiun

Peserta menampilkan tarian khas Aceh saat mengikuti Pawai Taaruf 2018 dalam rangka merayakan tahun baru Hijriyah 1440, Selasa (11/9 - 2018). (Istimewa/Pemkot Madiun)
12 September 2018 08:40 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN – Perayaan Tahun Baru Hijriyah 1440 di Kota Madiun diwarnai dengan kegiatan Pawai Ta'aruf 2018, Selasa (11/9/2018). Pawai ini diikuti hampir 3.000 pelajar dari berbagai jenjang pendidikan di Kota Madiun.

Dalam pawai untuk merayakan Tahun Baru Hijriyah itu, para peserta pawai menampilkan berbagai penampilan dan kreativitas. Pawai ini juga mengambil nilai-nilai Islam.

Peserta paling depan yakni dari pelajar TK. Ada belasan lembaga TK yang ikut memeriahkan pawai tersebut. Mereka mengenakan kostum lucu dan islami.

Selanjutnya di barisan berikutnya ada dari pelajar dari tingkat SD, SMP, sampai SMA. Seluruh lembaga sekolah yang ikut dalam pawai ini ada lebih dari 50 lembaga.

Pawai Taaruf ini mengambil start dari Masjid Agung Baitul Hakim dan garis finis di depan Balai Kota Madiun. Peserta pawai kemudian melewati Jl. Dr Sutomo, Jl. Jawa, dan Jl. Pahlawan.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan peserta Pawai Taaruf tahun ini lebih dari 3.000 orang. Peserta pawai ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Perayaannya meriah dan pesertanya lebih banyak. Saya mengapresiasi untuk semuanya," ujar Sugeng.

Masing-masing peserta diberi kebebasan untuk memilih tema. Peserta mengambil tema kerajaan-kerajaan Islam di Tanah Air, walisongo, hingga tokoh Islam di Indonesia. Mereka juga menampilkan berbagai kesenian tari seperti tarian Aceh hingga pencak silat.

Menurut Sugeng, pawai ini bukan hanya ajang hiburan saja bagi masyarakat, namun juga menjadi media unjuk kebolehan bagi pelajar.

Para peserta pawai juga mengenakan kostum unik yang ramah lingkungan. Mereka mengenakan kostum yang memanfaatkan daur ulang sampah. Mulai koran bekas hingga bungkus makanan.

"Kegiatan seperti ini sering digelar di Kota Madiun. Ada beberapa pawai dalam satu tahun. Ke depan pastinya akan terus ditingkatkan," terang dia.

Tokopedia