Hot Topic

442 Kartu Keluarga Sejahtera di Kota Madiun Ganti Baru, Ini Sebabnya

Pembagian ulang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi sejumlah keluarga di Kota Madiun. (Antara/Diskominfo Kota Madiun)
07 September 2018 08:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi sejumlah keluarga penerima manfaat di Kota Madiun, Jawa Timur, dibagikan ulang karena ada pergantian bank penyalur. Jumlah kartu yang dibagikan ulang mencapai 442 KKS yang terdapat di Kecamatan Kartoharjo dan Taman.

"Dulunya se-Kota Madiun ditangani tiga bank. Sekarang untuk penyaaluran bantuan harus terpusat menjadi satu bank, yakni di Bank Mandiri. Makanya dua bank lain harus dipindahkan," ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos PP dan PA) Kota Madiun Heri Suwartono kepada wartawan, Rabu (5/9/2018).

Dia menambahkan para penerima KKS tersebut bukan penerima baru. Program tersebut hanya memindahkan data penerima manfaat BNPT dari bank penyalur sebelumnya ke bank lain sesuai ketentuan pemerintah pusat.

Selain mendapat KKS, masyarakat penerima manfaat juga bisa langsung melakukan aktivasi kartu yang dibagikan tersebut. Untuk mengaktifkannya, pihak Dinsos bekerja sama dengan bank penyalur yang baru dalam menyiapkan mobil ATM berjalan.

"Harapannya, masyarakat penerima manfaat bisa langsung mengaktifkan sehingga kartu dapat digunakan. Adapun, penggantian kartu dan aktivasi tersebut juga bertujuan agar warga sasaran dapat mengambil jatah bantuannya," katanya.

Heri Suwartono menambahkan guna menghindari penyelewengan, validasi ulang data penerima bantuan akan dilakukan setiap enam bulan sekali.

Validasi ulang juga penting dilakukan untuk memperbarui status penerima. Di antaranya, ungkap dia, untuk mengetahui mana yang sudah meninggal atau warga yang pindah untuk segera digantikan peserta lain yang membutuhkan.

Heri menambahkan Dinsos PP dan PA Kota Madiun juga mendapat kuota tambahan bantuan pangan nontunai untuk rumah tangga sasaran tahun ini. Jumlahnya mencapai ribuan.

"Kami mendapat perluasan jumlah penerima manfaat sekitar 1.500 rumah tangga sasaran atau penerima manfaat dari tahun sebelumnya," katanya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara