Ma'ruf Amin Minta Dukungan dari Ulama di Kediri

K.H. Ma'ruf Amin (Bisnis/Felix Jody Kinarwan)
03 September 2018 22:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, KEDIRI -- K.H. Ma'ruf Amin, bakal calon Wakil Presiden pendamping Joko Widodo, menemui sejumlah ulama dan pengurus Nahdlatul Ulama di Kediri, Jawa Timur, Senin (3/9/2018).

Dalam pertemuan itu, Ma'ruf Amin meminta doa restu sekaligus hendak pamitan sebelum dinyatakan resmi mengikuti Pemilu Presiden 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya kan Rois Am PBNU, ini sekaligus memohon doa, dukungan. Safari ini menemui ulama, pengurus cabang. Saya `matur` pada kiai, pengasuh pondok pesantren, dan juga mohon doa," kata Ma'ruf Amin di sela-sela berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri,  Senin.

Ma'ruf juga mengaku sengaja melakukan kunjungan ke pondok pesantren dan para ulama. Dirinya mengaku siap lahir batin ikut dalam Pemilu Presiden 2019, mendampingi Joko Widodo.

"Siap lahir batin. Sekarang kan prolog, silaturahim dulu sebelum masa kampanye, kami bertemu, berbincang, mohon dukungan. Saya kan dari komunitas pesantren, jadi saya bertemu dengan komunitas saya," ujarnya.

Ma'ruf Amin menegaskan nantinya akan mundur dari jabatan yang menjadi amanat baginya. Saat ini, dia masih menjabat sebagai Rois Am PBNU, serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Ma'ruf Amin menyatakan akan mundur dari jabatan Ketua MUI ketika sudah ada keputusan dan penetapan menjadi Wapres, sebab di jabatan MUI tidak
boleh rangkap jabatan.

Sementara itu, Pengasuh PP Lirboyo Kediri, K.H. M. Anwar Mansyur, mengaku kunjungan Ma'ruf Amin ke Kediri merupakan silaturahim. Ia berharap, jika nanti Ma'ruf Amin terpilih menjadi Wakil Presiden bisa memegang amanat yang diberikan.

"Beliau orang baik, sebagai kiai mengasuh pesantren sama seperti kami semua. Beliau juga sudah mengetahui ketimbang saya, insya Allah baik [jabatan Wapres]," kata Anwar Mansyur.

Setelah dari PP Lirboyo Kediri, rombongan Ma'ruf Amin juga melanjutkan perjalanan ke PP Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, lalu ke Jombang. Beberapa pondok di Kabupaten Jombang yang disinggahi antara lain PP Tebuireng, PP Denanyar, Tambakberas.

Rombongan juga berencana singgah ke PWNU Surabaya, bertemu dengan para pengurus PWNU, lalu ke PP Sunan Drajat Lamongan dan ke PP Al Anwar, Sarang, Rembang, bertemu dengan K.H. Maimun Zubair.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara