Longsor Timbun Jalan Trenggalek-Ponorogo, 1 Sopir Truk Terluka

Aktivitas normalisasi jalurTrenggalek/Ponorogo kilometer 16. (Antara/dok humas PolresTrenggalek)
03 September 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TRENGGALEK -- Tanah longsor menimbun jalur Trenggalek-Ponorogo kilometer 16, Desa Nglinggis, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (2/9/2018).

Seorang sopir dump truck dilaporkan terluka parah di bagian kepala tertimpa pecahan batu yang jatuh bersamaan dengan material saat membantu pembersihan jalur tersebut dari longsoran.

"Benar. Ada satu korban terluka kena [pecahan] batu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek Joko Rusianto di Trenggalek, Minggu. Sopir yang mengalami kisah tragis itu bernama Sukarno, 45, warga Dusun Pacar, Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Trenggalek.

Insiden terjadi saat Sukarno bekerja membantu melakukan normalisasi jalur Trenggalek-Ponorogo km 16. Saat itu alat berat jenis ekskavator dan dozer dikerahkan dan beroperasi menyisir tebing yang rawan longsor.

Namun saat Sukarno melansir dump truck yang dikendarainya untuk mengangkut material tanah-batu sisa longsoran, guguran batu kembali berjatuhan tepat dari atas kendaraannya.

Guguran batu dari atas tebing itulah yang kemudian jatuh dan terpental masuk ke arah area kemudi dump truck dan mengenai kepala Sukarno. Tragedi itu bahkan terekam kamera ponsel dan tersebar luas di media sosial (medsos).

Pasca kejadian, korban langsung dilarikan ke Puskesmas di Desa Pucanganak Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Namun informasi yang diterima,
saat ini korban sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum dr Iskak Tulungagung.

"Benar ada korban luka dan sudah mendapatkan perawatan. Kejadian sekitar pukul 08.00 WIB," ujar Joko.

Kapolsek Tugu AKP Bambang Purwanto mengatakan akses jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu di jalur selatan Jatim itu sempat ditutup total karena ada aktivitas pembersihan material longsor.

Hanya sebagian kendaraan jenis roda dua dan empat dialihkan melalui jalur melingkar melalui area jalur Bendungan Tugu yang sedang dibangun. Sedangkan untuk kendaraan roda enam atau kendaraan besar diminta menunggu sampai proses pembersihan material longsor tuntas.

Akses jalan raya provinsi di Desa Nglinggis kilometer 16 itu beberapa kali longsor sejak Jumat (24/8/2018) akibat adanya aktivitas pelebaran jalan dan  penataan tebing menggunakan tiga alat berat yang dikerahkan dinas PU Jatim.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara