Satpol PP Kota Madiun Cek Alat Pemadam Kebakaran di Tempat Usaha

Alat pemadam api ringan (APAR). (Solopos.com/Rohmah Ermawati)
31 Agustus 2018 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun bakal melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek alat pemadam kebakaran di semua instansi swasta dan pemerintah. Ini menjadi langkah antisipatif pemerintah dalam menangani bencana kebakaran.

Kepala Bidang Damkar dan Linmas Satpol PP Kota Madiun, Bambang Sediono, mengatakan pihaknya telah mengumpulkan sejumlah pelaku usaha maupun perwakilan kantor pemerintahan. Mereka dikumpulkan untuk diberi sosialisasi mengenai rencana pengecekan  alat pemadam kebakaran.

Namun, tidak semua pelaku usaha terbuka dengan petugas yang akan melakukan pengecekan itu. "Kemarin banyak pelaku usaha yang menolak hadir di kegiatan sosialisasi yang kami gelar. Mereka merasa tidak membutuhkan pengecekan alat kebakaran," jelas dia, Kamis (30/8/2018).

Bambang menuturkan ada sebagian pelaku usaha merasa tidak butuh dengan alat-alat pemadam kebakaran. Padahal sesuai aturan, tempat usaha dan kantor harus memiliki alat pemadam kebakaran  seperti alat pemadam api ringan (APAR) maupun hidran.

"Nanti petugas akan mengecek apakah hidrannya ada airnya apa tidak. Tabung APAR-nya berfungsi apa tidak. Kedaluwarsa apa tidak. Itu semua dicek," jelas dia.

Ketersediaan alat-alat pemadam kebakaran ini penting sebagai salah satu upaya pertolongan tahap pertama sebelum kedatangan tim pemadam kebakaran. Sehingga api bisa segera dipadamkan sebelum melebar.

"Saya ga menyalahkan pelaku usaha yang tidak mau ikut. Karena mereka tidak tahu manfaatnya," jelas Bambang.

Pihaknya akan meminta kepada pelaku usaha untuk mematuhi amanat UU untuk menyediakan alat-alat pemadam kebakaran di tempat usaha. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia