Perpustakaan Digital iMadiunKab Sediakan 353 Buku Bisa Diunduh Gratis

Aplikasi iMadiunKab yang berisi ratusan buku bisa di/download secara gratis. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
28 Agustus 2018 20:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Di era serba digital seperti sekarang ini, Perpustakaan Kabupaten Madiun terus berbenah dan mengembangkan diri dengan memanfaatkan teknologi.

Baru-baru ini, Perpustakaan Kabupaten Madiun meluncurkan aplikasi berisi buku digital bernama iMadiunKab. Aplikasi yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun itu bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun, Eko Yunianto, mengatakan pembuatan aplikasi iMadiunKab merupakan bentuk respons terhadap perkembangan zaman. Aplikasi dilucurkan untuk mempermudah masyarakat mengakses buku-buku di perpustakaan.

Dia menuturkan aplikasi yang sudah diluncurkan pada Juli 2018 itu telah memiliki 353 buku digital dengan format pdf. Buku tersebut dapat di-download untuk kemudian dibaca saat offline.

Buku di dalam aplikasi itu beragam, mulai buku pelajaran SD, SMP, SMA, SMK, buku pengetahuan umum, buku fiksi, buku agama, dan buku genre lainnya.

"Saat ini baru tersedia 353 buku. Itu bisa diunduh secara gratis dan bisa dibaca saat offline. Nantinya koleksi buku ini akan ditambah terus," ujar dia, Selasa (28/8/2018).

Selama ini, Perpustakaan Kabupaten Madiun yang berada di Jl. Bali No. 3, Caruban, telah dilengkapi dengan akses internet gratis untuk pengunjung. Dengan fasilitas tersebut, pengunjung bisa mengunduh buku di aplikasi iMadiunKab.

Menurut dia, perpustakaan digital merupakan bagian dari transformasi untuk menjadi layanan berbasis inklusi sosial. Harapannya iMadiunKab dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

"Semoga aplikasi ini bisa menjadi inspirasi dan pengetahuan sehingga yang membaca wawasannya bertambah," jelas dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia