10 Drum Arak Disita dari Produsen Miras di Tuban

Ilustrasi penggerebekan tempat penjualan miras - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu
25 Agustus 2018 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TUBAN -- Sebanyak 10 drum baceman arak, 150 liter arak yang sudah jadi, juga berbagai peralatan untuk memproduksi arak berhasil disita tim gabungan dari produsen arak di Desa Dawung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Kamis (23/8/2018).

Tim gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut meliputi personel Satpol PP, kepolisian resor (polres), Kodim 0811, dan Subdenpom V/2-4.

"Saat ini identitas dan foto terduga pelaku sudah didapat. Kami akan segera menangkapnya," kata Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Pemkab Tuban Joko Herlambang di Tuban, Kamis.

Setelah terduga pelaku produsen arak bisa ditangkap, berkas perkara akan segera dilimpahkan ke polres. Menurut dia, kegiatan operasi rutin dilakukan untuk menciptakan Tuban bebas minuman keras.

"Sebanyak 52 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan penggerebekan produsen minuman keras jenis arak di Dusun Krajan, Desa Dawung, Kecamatan Palang," katanya.

Selain mengamankan baceman arak dan arak sudah jati, petugas juga mengamankan satu dandang, 72 botol kosong ukuran 1,5 liter, 10 drum kosong, tiga kompor, dua tabung elpiji ukuran 12 kilogram, empat jeriken, tiga unit tandon air, satu mesin pompa, dan barang lainnya.

"Setelah pengecekan awal, kadar alkohol dalam arak yang disita mencapai 20 persen," ujarnya.

Menurut dia, operasi itu bertujuan menekan dan memberantas miras jenis arak di Bumi Wali agar tercipta kondisi masyarakat yang tertib dan aman.

"Karena minuman kerass menjadi pintu masuk terjadinya tindak kriminal," ucapnya.

Operasi terpadu ini, katanya lagi, sudah digelar untuk kali kedua di dua lokasi berbeda. Sebelumnya, operasi dilaksanakan di Desa Prunggahan Kulon, Semanding beberapa waktu lalu.

"Di Dawung ini sudah dilakukan kedua kali. Pertama, dengan Polsek Palang, kali ini bekerja sama dengan Polres Tuban dan unsur TNI," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara