Kabupaten Madiun Serius Kembangkan Budidaya Sapi Perah

Ilustrasi sapi perah (Bisnis/Endang Muchtar)
24 Agustus 2018 18:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Peternak di wilayah Kabupaten Madiun dinilai berpeluang membudidayakan sapi perah guna dipanen susunya. Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun siap mendukung kelompok peternak yang saat ini telah mengembangkan sapi perah.

"Sapi perah itu memang sangat spesifik. Untuk membudidayakannya membutuhkan jiwa ketelatenan dan iklim yang dingin," ujar Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Estu Dwi Waluyani, kepada wartawan di Madiun, Kamis (23/8/2018).

Menurut dia, kelompok peternak yang telah membudidayakan sapi perah terdapat di lereng Gunung Wilis yang memiliki iklim udara dingin. Yakni di wilayah Kresek, Kecamatan Wungu dan Kare, Kecamatan Kare.

Estu Dwi Waluyani menambahkan total populasi sapi perah yang dikembangkan oleh kelompok peternak tersebut sudah mencapai 40 ekor dengan 15 ekor di antaranya merupakan sapi perah indukan yang mampu berproduksi setiap hari.

"Jumlah produksi susu yang dihasilkan dari kelompok ternak sapi perah di wilayah Kresek tersebut telah mencapai 200 liter per hari," kata dia.

Melihat peluangnya yang luar biasa, Estu bertekad memberikan pendampingan yang intensif agar kelompok ternak sapi perah yang ada di Kabupaten Madiun dapat lebih berkembang dan sejahtera.

"Kami juga sudah coba usulkan ke APBN untuk pengembangan, baik dari segi sapi maupun olahannya. Harapannya, dengan adanya pendampingan yang kuat dari pemerintah daerah dan pusat, maka akan dapat terus berkembang," kata dia.

Tidak hanya susu, ungkap Estu, kelompok ternak sapi perah tersebut juga sudah mampu memproduksi olahan dari susu, seperti yoghurt, keju, sabun susu, tahu susu, dan permen susu.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara