Ditinggal ke Rumah Tetangga, 2 Rumah di Ponorogo Ludes Dilalap Api

ilustrasi kebakaran. (Solopos/Whisnu Paksa)
23 Agustus 2018 13:00 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO – Dua rumah milik petani di Desa/Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ludes terbakar, Rabu (22/8/2018) sekitar pukul 12.00 WIB. Kebakaran ini diduga berasal dari tungku masak yang belum padam sempurna.

"Ada dua rumah di Sawoo siang ini terbakar. Dua rumah ini saling berdempetan. Satu rumah milik Katimun yang berusia 45 tahun dan satu rumah lainnya milik Tunik, 80. Ini keduanya merupakan anak dan ibu," kata Kasubbag Humas Polres Ponorogo, Ipda Satrio Teguh, Rabu malam.

Kebakaran ini berawal dari Katini, istri Katimun, sedang memasak nasi tiwul di atas tungku dan bahan bakar menggunakan bonggol jagung. Setelah memasak nasi tiwul itu, Katini pergi ke rumah tetangganya yang baru saja membeli lemari es.

Beberapa saat kemudian, wanita itu melihat kepulan asap tebal dari bagian dapur rumahnya. Katini secara spontan langsung berteriak meminta tolong. Api semakin membesar dan warga terus berdatangan untuk memadamkan api.

Rumah yang terbuat dari anyaman bambu itu dengan mudah terbakar hingga membuat rumah itu ludes. Baru sekitar pukul 12.30 WIB, mobil pemadam kebakaran tiba dan langsung memadamkan api.

Diduga kebakaran ini disebabkan dari api dari tungku masak yang belum mati. Api tersebut kemudian membesar dan membakar barang yang mudah di bakar di dapur rumah itu.

"Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa ini. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp100 juta," jelas dia. 

Tokopedia