Nyaleg di 2 Institusi, Artis Emilia Contessa Bakal Dicoret KPU

Emilia Contessa (Instagram)
23 Agustus 2018 10:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN – Nama artis Emilia Contessa akan dicoret dari daftar calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam Pemilu 2019 oleh KPU Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena dalam Pemilu 2019 nanti, Emilia Contessa juga maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, mengatakan KPU Jatim telah menetapkan hasil akhir verifikasi faktual syarat dukungan calon DPD dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur. Ada 29 nama calon anggota DPD dari Dapil Jatim yang dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal 5.000 lembar dukungan.

Namun, proses verifikasi ini terus dilakukan hingga nanti ditetapkan calon tetap DPD Dapil Jawa Timur. Dari 29 nama yang sudah lolos itu, ada satu nama yang terdeteksi akan dicoret karena tidak memenuhi syarat.

Eko menyebut nama yang bakal dicoret dari pencalonan DPD yaitu Emilia Contessa. Dalam Pemilu 2019 besok, Emilia yang merupakan incumbent anggota DPD ini terdeteksi juga mendaftar sebagai anggota DPR RI lewat partai politik.

"Ini yang tidak boleh. Harusnya mencalonkan diri di satu institusi. Emilia Contessa ini terdeteksi mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI," kata Eko kepada wartawan di Kota Madiun, Selasa (21/8/2018).

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kota Madiun, Selasa (21/8/2018). (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Sebelumnya, yang mendaftarkan diri sebagai calon DPD Dapil Jatim ada 43 orang. Setelah dilakukan verifikasi dukungan hanya ada 31 yang memenuhi syarat. Selanjutnya setelah dilakukan verifikasi faktual hanya ada 29 orang yang memenuhi syarat.

"Dua orang tidak melakukan perbaikan. Sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat," ujar dia.

Untuk calon incumbent, lanjut Eko, selain Emilia Contessa ada dua orang lain yaitu Abdul Qadir Amir Hartono dan Ahmad Nawardi. Sedangkan satu incumbent DPD Dapil Jatim lainnya tidak ikut maju dalam Pemilu mendatang. Sebanyak 29 calon DPD Dapil Jatim itu nantinya akan memperebutkan empat kursi. 

Tokopedia