KPU Jatim Minta Kabupaten Kirim DPT Pemilu 2019

ilustrasi pemilu. (Solopos/Whisnu Paksa)
22 Agustus 2018 09:40 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur meminta KPU tingkat kota dan kabupaten segera mengirim rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2019. Hal ini karena belum semuanya kabupaten/kota di Jawa Timur yang menyerahkan DPT yang telah ditetapkan.

"Belum semua kabupaten/kota menyerahkan DPT Pemilu 2019. Kami belum tahu secara pasti berapa kabupaten/kota yang telah menyerahkan DPT ke KPU Jatim," kata Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito, saat di Kota Madiun, Selasa (21/8/2018).

Eko menuturkan Selasa ini merupakan hari terakhir KPU kota/kabupaten melakukan penetapan DPT Pemilu 2019. Setelah ditetapkan, DPT tersebut langsung diserahkan ke KPU Jatim untuk dilakukan rekapitulasi tingkat provinsi.

Namun, pihaknya tidak bisa bekerja kalau DPT dari KPU kabupaten/kota belum diserahkan. Eko memprediksi pihaknya baru bisa melakukan penetapan DPT Pemilu 2019 tingkat provinsi pada pekan depan.

Dia menyebut beberapa daerah yang sudah mengirimkan DPT ke provinsi yaitu Jombang, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Banyuwangi, Nganjuk, Blitar, dan Bondowoso. Untuk daerah lainnya belum mengirimkan.

"Padahal di tingkat kabupaten/kota sudah diberi waktu mulai tanggal 15 sampai 21 Agustus untuk melakukan rekapitulasi hingga penetapan DPT," jelas dia.

Meski demikian, Eko optimistis KPU kota/kabupaten di Jatim akan segera mengirimkan hasil rekapitulasi DPT di wilayahnya masing-masing. Pihaknya juga menunggu sampai Rabu (22/8/2018).