10 Warga Tulungagung Dapat SIM Gratis saat HUT RI

Layanan pembuatan - perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). (Bisnis/Dwi Prasetya)
19 Agustus 2018 04:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Tulungagung, Jawa Timur, membagikan surat izin mengemudi (SIM) gratis kepada sejumlah pemohon yang dipilih berdasar tanggal lahir dan tes lisan, Kamis (16/8/2018).

Kanit Regident Satlantas Polres Tulungagung Iptu M. Sapari menyatakan total ada 10 pemohon mendapat SIM gratis. Mereka pemohon pertama yang langsung mendapat SIM secara gratis adalah yang lahir pada 17 Agustus.

Sedangkan delapan pemohon sisanya dipilih melalui proses tes lisan untuk menjaring pemohon yang beruntung.

"SIM gratis dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ini diberikan khusus untuk pemohon yang mengajukan perpanjangan [SIM]) Untuk yang baru tidak karena mereka belum pernah mengikuti tahap ujian teori maupun praktik," tutur Sapari.

Sapari yang segera pindah tugas (mutasi) sebagai Kanit Regident Satlantas Polres Ponorogo membagikan langsung hadiah SIM gratis tersebut.Mulanya, Sapari melempar pertanyaan seputar nama tokoh/pejabat nasional kepada para pemohon yang mengantre di ruang tunggu kantor Satpas.

Pertanyaannya pun tak terlalu sulit. Seperti nama Wakapolri yang baru dilantik menjadi Menteri PANRB, atau nama Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Setiap pemohon yang berhasil menjawab, langsung dibebaskan dari pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak [PNPB]," ujarnya.

Program SIM gratis dalam rangka HUT Kemerdekaan itu pun mendapat apresiasi para pemohon. "Semoga tahun-tahun depan programnya masih dilaksanakan," ujar Imam.

Ia mengaku baru pertama mengetahui ada program SIM gratis tersebut, setelah tiga kali pernah melakukan proses pengajuan serupa. Imam semakin senang karena dia menjadi satu dari 10 pemohon yang beruntung mendapat hadiah kejutan itu, sehingga tak harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia