Alutsista TNI AU Dipamerkan di Alun-Alun Kota Madiun 28-30 September 2018

Warga melihat salah satu alutsista yang dimiliki Lanud Iswahjudi, Minggu (15/4 - 2018). (Istimewa/Lanud Iswahjudi)
19 Agustus 2018 08:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Pangkalan Udara (Lanud) Iswahjudi bakal menggelar pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) di Alun-alun Kota Madiun. Masyarakat bisa menyaksikan pameran alutsista tersebut secara gratis sembari menghabiskan waktu di akhir pekan.

Kepala Penerangan (Kapen) Lanud Iswahjudi, Mayor Sus Hamdi Londong Allo, mengatakan pameran alutsista tahun ini digelar dengan konsep berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Pameran alutsista tahun ini digelar di ruang terbuka di Alun-alun Kota Madiun.

"Kegiatan ini akan digelar pada akhir pekan yaitu 28-30 September 2018. Kalau biasanya gelaran ini digelar pada hari aktif," kata Hamdi Londong Allo, Sabtu (18/8/2018).

Dia menyampaikan pameran alutsista ini digelar akhir pekan supaya masyarakat bisa melihat persenjataan TNI AU dari dekat. Sehingga, tambah dia, masyarakat juga bisa lebih cinta terhadap NKRI.

Pameran alutsista ini didukung oleh 19 kesatuan dari Kota Madiun, Magetan, dan Ngawi.

Dari TNI AU akan memamerkan alutsista dari Skadron Udara 3, Skadron Udara 14, Skadron Udara 15, Yonko 463 Paskhas, Skatek 042, Depohar 20, Depohar 60, PIA Ardhya Garini, dan SMK Penerbangan Angkasa.

Sedangkan jajaran TNI AD akan menampilkan alutsista dari Yonif PR 501/BY, Yonarmed 12/K, Secata, Denpom V/1, Denkesyah 05.04.01, Denhubrem 081, Denpal, Denbekang, dan Ajenrem.

Londong menyampaikan pameran tersebut tidak hanya memamerkan alutsista, tetapi juga menampilkan persenjataan, kendaraan tempur, serta atraksi ketangkasan.

Dia menerangkan alutsista TNI AU yang akan dipamerkan yaitu pesawat AS 202 Bravo, Mock up Cocpit F16, G-suit, Overall, bomb, miniatur pesawat F-16, T-50i Golden Eagle, dan pesawat F5.

Selain itu, ada juga senjata sniper, QW, pistol, parasut, dan ranmor AMC. Sedangkan TNI AD akan menampilkan meriam senter, rantis komando, SS2 V4, K7 Daewoo, Gamad khusus Pomad, kendaraan timhar, kompor lapangan, serta alat pengukur tinggi badan.

"Akan ada atraksi yang ditampilkan beladiri Yoongmodo dari Armed, penerimaan tawanan perang dari Denpom, flaypast pesawat T-50i Golden Eagle, dam atraksi dari Pomau," ujar dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia