Harga Beras di Bojonegoro Stabil, Palawija Naik hingga Rp1.500/Kg

Ilustrasi kedelai. (Antara)
18 Agustus 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Harga beras kemasan berbagai kualitas produksi lokal, maupun luar daerah di Kabupaten Bojonegoro masih stabil, meskipun panen tanaman padi lokal juga sudah mulai berkurang.

"Kami masih menjual beras dengan harga stabil sejak dua pekan terakhir. Tapi harga pembelian beras di pedagang beras juga penggilingan padi mulai naik," kata seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Anik Kharis, Sabtu (18/8/2018).

Pedagang beras lainnya di pasar setempat Anita Rachmawati menyebutkan kenaikan harga beras panenan tanaman padi baru di tingkat penggilingan padi juga pedagang di pedesaan sudah naik sekitar Rp200/kilogram.

"Ya kemungkinan harga beras di pedagang beras seperti kami akan segera ikut naik," kata dia dibenarkan pedagang beras lainnya Sakip.

Sakip menambahkan panen tanaman padi di daerah setempat, juga Tuban, pada musim kemarau sekarang ini memang selalu ada.

Hanya saja, lanjut dia, luas tanaman padi yang panen tidak terlalu luas sehingga tak bisa menurunkan harga.

"Perhitungan saya kenaikan harga beras pada musim kemarau ini bisa kalau mencapai Rp500 per kilogram," ucap dia dibenarkan Kharis.

Data di Pasar Banjarjo dan Pasar Kota menyebutkan harga beras lokal Bojonegoro Raja Lele Rp8.600 dan Rp8.800/kilogram.

Sedangkan beras kemasan produksi Tuban untuk Terate Rp11.300/kilogram, Bamboo Rp10.000/kilogram, beras Jawa Rp23.000/kilogram, beras merah Rp12.000/kilogram, dan Rajekwesi Rp9.200/kilogram.

"Harga beras paket dari Mojokerto merek Lumbung Padi dan Fotune saya menjual Rp10.700/kilogram," ucap Anita Rachmawati.

Selain beras, harga komoditas palawija juga ikut merangkak naik, disebabkan pengaruh musim kemarau sehingga di sejumlah daerah panen berkurang sejak sepekan terakhir.

Harga jagung merah, misalnya, naik menjadi Rp5.000/kilogram dari sebelumnya Rp3.500/kilogram, jagung putih masih stabil Rp6.000/kilogram, kedelai lokal naik menjadi Rp6.500/kilogram dari sebelumnya Rp5.000/kilogram, kacang hijau Rp11.000/kilogram dari sebelumnya Rp10.000/kilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Pemkab Bojonegoro Agus Hariyana menyatakan pemkab belum berencana menggelar pasar murah terkait kenaikan harga beras juga yang lainnya.

"Masih kami koordinasikan dengan instansi terkait," ucapnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara