Eks Anggota DPRD Kota Madiun Ditangkap Setelah 5 Tahun Buron

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kota Madiun, I Ketut Suarbawa, menyampaikan keterangan kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/8 - 2018). (Madiunpos.com/AbdulJalil)
14 Agustus 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Madiun akhirnya menangkap mantan anggota DPRD Kota Madiun periode 1999-2004, Sonny Sunarso, 59, yang menjadi buronan selama bertahun-tahun dalam kasus korupsi, Senin (13/8/2018) malam. 

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kota Madiun, I Ketut Suarbawa, mengatakan Sonny Sunarso merupakan terpidana dalam kasus korupsi tunjangan kesejahteraan dewan 2002-2004. Mantan politikus PDIP itu telah divonis bersalah oleh Mahkamah Agung pada 2013.

Namun, setelah vonis dijatuhkan, Sonny justru melarikan diri. Hingga khirnya pada Senin malam ditangkap petugas Kejari Kota Madiun.

"Sonny ini divonis penjara 1 tahun dan denda Rp50 juta subsider dua bulan. Dia juga diminta mengembalikan uang sebanyak Rp113 juta dan jika tidak dapat membayarnya akan diganti dengan hukuman penjara enam bulan," terang dia kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/8/2018) siang.

I Ketut Suarbawa menuturkan Sonny ditangkap petugas Kejari saat sedang berbelanja di Indomaret Jl. Tanjung Raya, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Senin malam. Sebelumnya, tim sudah melakukan pengintaian di dekat rumah kontrakan terpidana di Perumahan Manisrejo, Kota Madiun.

"Kami pastikan dari jarak dekat. Saat itu anggota kami mencoba menyapanya sesuai nama itu. Dan orang itu menengok, langsung kami tangkap," ujar dia.

Selama menjadi buronan sejak tahun 2013, jelas dia, Sonny Sunarso bersama istrinya berpindah-pindah tempat tinggal.  Dia menyampaikan lamanya penangkapan karena persoalan minimnya anggota Kejari Kota Madiun.

Saat ini terpidana kasus korupsi ini telah dieksekusi dan diserahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Madiun. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya