KAI Layani Jasa Angkutan Limbah 2 Kali Sepekan

ilustrasi kereta api. (Solopos/Dok)
14 Agustus 2018 04:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) kini melayani jasa pengangkutan limbah guna meningkatkan efisiensi waktu. Tahap perdana, KAI mengangkut kontainer berisi limbah milik perusahaan pengolah limbah PT Prasada Pamunah Limbah Industri (PPLI).

Direktur Komersial dan TI, KAI , Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan layanan tersebut dioperasikan oleh anak usaha KAI yakni PT Kereta Api Logistik (Kalog) mulai dari mengangkut limbah PPLI juga kegiatan bongkar muat di stasiun.

"Kami bersama Kalog melengkapi kereta dengan gerbong kabus (kabin khusus) dengan pengawalan personel bersertifikasi penanganan limbah," ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis Indonesia/JIBI, Kamis (9/8/2018).

Dia menjelaskan para petugas tersebut nantinya akan memeriksa limbah di lima stasiun pemberhentian Cepu, Semarang, Tegal, Cirebon dan Tanah Abang. 

"Selain itu, kami juga telah membentuk tim tanggap darurat yang akan merespons secara cepat setiap kejadian tak terduga, termasuk melengkapi emergency shelter dengan fasilitas beberapa tool kit," ujar Apriyono.

Adapun jasa kereta angkutan limbah pada operasional perdana menyiapkan 10 gerbong datar dengan kapasitas 20 TEUs atau setara 360 ton yang diberangkatkan dari Surabaya tujuan Nambo Bogor.

Angkutan tersebut memiliki dua kali rute dalam sepekan dengan rangkaian total 10 TEUs.

Diharapkan angkutan kereta limbah ini dapat menekan waktu tempuh dibandingkan menggunakan truk yang biasanya 2-3 hari kini hanya menjadi 15-16 jam, serta dapat menjaga lingkungan dengan efektif dari pencemaran sampah.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya