Maidi-Inda Raya Resmi Jadi Pemenang Pilwakot Madiun 2018

Ketua KPU Kota Madiun Sasongko menyampaikan penetapan wali kota dan wakil wali kota periode 2019-2024 terpilih di Hotel Sun Kota Madiun, Senin (13/8 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
13 Agustus 2018 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU Kota Madiun akhirnya menetapkan pasangan calon nomor urut 1, Maidi-Inda Raya Ayu Miko Saputri, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun terpilih periode 2019-2024, Senin (13/8/2018).

Penetapan dilakukan KPU setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Kota Madiun.

Sebelumnya, penetapan wali kota dan wakil wali kota terpilih terkendala karena masih adanya sengketa Pilkada yang diajukan paslon nomor urut 2, Mahardika-Arief Rahman ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Setelah beberapa pekan dilakukan sidang, akhirnya MK memutuskan memenangkan KPU Kota Madiun. Sehingga kemenangan paslon nomor urut 1 bisa ditetapkan secara resmi.

Sesuai aturan yang berlaku, penetapan calon terpilih baru dapat dilakukan KPU tiga hari setelah keluarnya putusan MK atas sengketa yang diajukan.

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, mengatakan menetapkan pasangan calon Maidi-Inda Raya sebagai pemenang dalam Pilkada Kota Madiun yang digelar secara serentak pada 27 Juni 2018.

Maidi-Inda Raya dinyatakan menang setelah mengantongi 39.465 suara atau 38,53% dari total suara sah 102.427.

Sasongko menuturkan gugatan pilkada yang diajukan paslon ke MK merupakan dinamika politik yang wajar.

"Kami telah melakukan tahapan pesta demokrasi secara integritas. Saya rasa paslon 2 dan paslon 3 bisa menerima hasil ini. Gugatan kemarin merupakan dinamika dalam pesta demokrasi," ujar dia.

Wali Kota Madiun terpilih, Maidi, mengatakan akan memenuhi janjinya sesuai dengan visi misi yang telah disampaikan saat kampanye. Pihaknya akan menggandeng paslon nomor urut 2 dan 3 untuk memajukan Kota Madiun.

"Ini sebuah amanah dari masyarakat Kota Madiun yang harus kami emban untuk memajukan Kota Madiun," jelas Maidi.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia