Komponen Ekskavator Proyek Tol Ngawi Raib Digondol Maling

Petugas melihat kondisi eskavator di Ngawi yang beberapa bagiannya telah dicuri orang, Rabu (8/8 - 2018). (Polres Ngawi/Istimewa)
10 Agustus 2018 20:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, NGAWI -- Sejumlah komponen alat berat ekskavator milik PT Waskita Karya yang sedang digunakan dalam pembangunan tol Ngawi-Kertosono, dicuri maling. Akibatnya, PT Waskita Karya mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kasubbag Humas Polres Ngawi, AKP Eko Setyo Martono, mengatakan peristiwa pencurian komponen eskavator ini terjadi pada Rabu (8/8/2018). Saat itu alat berat untuk pekerjaan pembangunan jalan tol itu sedang diparkir di tanah kosong di Dusun Ngale, Desa Ngale, Kecamatan Paron, Ngawi.

Kejadian ini diketahui saat salah satu operator alat berat, Bismo, hendak mengoperasikan ekskavator itu pada Rabu pagi. Dia pun kaget ekskavator tak berfungsi karena ada beberapa bagian yang hilang.

"Komponen alat berat yang hilang yaitu monitor engine dan CPU. Ekskavator itu bermerek CAT type 320D," kata Eko Setyo Martono kepada Madiunpos.com, Jumat (10/8/2018).

Dugaan sementara, pencuri diduga mengambil barang pada malam hari dengan cara merusak pintu ruang kemudi dan ruang mesin.

Setelah melepas baut pengikat bagian mesin, pelaku memotong kabel lalu menutup kembali kedua pintu. Komponen tersebut kemudian dibawa kabur oleh pelaku.

Saat ini, pihak Reskrim Polsek Paron masih berupaya mengungkap kasus pencurian komponen alat berat ini. Kerugian yang diderita PT Waskita Karya diperkirakan sekitar Rp80 juta. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya