Bupati Terpilih Anna Mu'awanah Ajak WNI di Inggris Tanam Modal di Bojonegoro

Anna Mu'awanah (Youtube)
09 Agustus 2018 02:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, LONDON -- Bupati terpilih Bojonegoro Anna Mu'awanah  mengajak profesional muda Indonesia yang ada di Britania untuk berkunjung dan berinvestasi di wilayah Bojonegoro.

"Datang ke Bojonegoro dan berinvestasi di sana, dan akan menggalakkan sektor pariwisata alam yang sangat indah dan kota sejarah," kata Anna Mu'awanah saat berbicara dalam forum yang diadakan Young Indonesian Professionals Association (YIPA) di London, Inggris, baru-baru ini.

Dalam forum itu, seperti diungkapkan Direktur Eksekutif YIPA di Inggris Raya, Steven Marcelino, Rabu (8/8/2018), Anna menyoroti tentang kiprah pemimpin perempuan dalam ranah politik sekaligus mempaparkan peluang investasi di Bojonegoro.

Menurut Anna, sumber daya alam sektor pertanian di Bojonegoro masih sangat berlimpah. Dia menerangkan Ada sekitar 47 persen kepala keluarga (KK) dari jumlah penduduk di Bojonegoro yang menjadi petani.

Anna yang pada September 2018 nanti dilantik sebagai Bupati Bojonegoro menjelaskan potensi Bojonegoro sebagai daerah yang memiliki cadangan minyak dan gas bumi (migas) terbesar di Indonesia.

Menurut data terakhir YIPA, belum ada perusahaan migas Inggris yang berinvestasi maupun beroperasi di Bojonegoro. Program Prioritas Bojonegoro mencakup perizinan satu atap akan memudahkan investor untuk masuk ke Bojonegoro.

Dua peluang kerja sama internasional lain, yang pertama, investasi dibidang infrastruktur mulai dari transportasi, pergudangan, hingga rantai pasokan karena lokasi strategis Bojonegoro di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kedua di bidang industri, Bojonegoro berencana untuk menarik berbagai industri manufaktur dan pabrik.

Pada kesempatan itu, Anna juga menerangkan dalam 20 tahun terakhir ini, perempuan didorong untuk berperan aktif di semua jajaran pengambil kebijakan.

"Termasuk legislatif (DPR) punya undang-undang yang mewajibkan 30 persen dari calon legislatif adalah perempuan," kata Anna dalam acara yang dilaksanakan di kantor pusat Accenture UK di Plantation Place, London.

Anna Mu'awanah yang juga Ketua Dewan Pengurus Fraksi PKB dari tahun 2014 ke tahun 2019 menyebutkan perempuan tidak hanya bisa berperan di legislatif, tapi juga di eksekutif seperti menjadi bupati, wali kota, gubernur di tingkat daerah maupun pusat.

Anna menerangkan alasan dirinya yang sudah lama berkecimpung di DPR RI selama tiga periode, kemudian pada Tahun 2018  ikut kontestasi di Pilkada Kabupaten Bojonegoro 2018 sebagai calon bupati.

"Kita bicara kewenangan. Kalau DPR punya kewenangan tiga. Anggaran, membuat undang-undang bersama pemerintah, dan pengawasan," kata Anna menambahkan DPR tidak bisa langsung melakukan eksekusi jika ada keluhan masyarakat.

DPR hanya bisa menyampaikan keluhan pada pemerintah untuk direncanakan dan dieksekusi. "Kalau eksekutif, berangkat dari perencanaan sampai dengan penyelesaian di tatanan riil. Termasuk membuat payung hukum bersama sesuai kebutuhan," ujarnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara