Kabupaten Madiun Tak Butuh Hewan Kurban dari Luar Daerah

Penjualan kambing untuk kurban. (Solopos/Nicolous Irawan)
08 Agustus 2018 18:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, menjamin ketersediaan hewan ternak untuk keperluan kurban pada Hari Raya Iduladha tahun 2018 lebih dari cukup.

"Untuk ketersediaan hewan kurban di daerah kita sangat cukup dan aman. Sehingga tidak perlu mendatangkan dari daerah luar," ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun, Estu Dwi Waluyani, kepada wartawan di Madiun, Selasa (7/8/2018).

Dia menerangkan ketersediaan hewan kurban didukung oleh jumlah populasi hewan ternak di Kabupaten Madiun lebih banyak dari kebutuhan.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun mencatat populasi sapi potong mencapai 60.881 ekor, kambing 76.445 ekor, dan domba 22.667 ekor.

Jumlah tersebut dipastikan lebih dari cukup.  Pihaknya memperkirakan jumlah kebutuhan hewan kurban saat momentum Iduladha tahun ini mencapai 20.000 ekor.

"Untuk kebutuhan Iduladha, biasanya sekitar 20.000 ekor setiap tahunnya. Demikian juga tahun ini," kata Estu.

Adapun, jumlah kebutuhan hewan kurban yang mencapai 20.000 ekor tersebut sudah total untuk ternak kambing, domba, maupun sapi. 

Selain menjamin kuantitas dan ketersediaannya, Estu juga memastikan semua hewan ternak untuk kurban dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

Menghadapi momentum Iduladha, pihaknya juga telah menyiapkan tim untuk memantau kesehatan hewan kurban. Tim tersebut dalam waktu dekat ini akan berkeliling ke pos-pos peternakan yang menyiapkan hewan kurban.

"Tim yang telah dibentuk akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan akan dilakukan hingga proses penyembelihan. Hal itu untuk memastikan hewan kurban dan daging kurban yang dibagikan sehat dan aman dikonsumsi," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara