Tim ITS Bantu Identifikasi Bangunan Rusak Akibat Gempa Lombok

Wisatawan asing menyeret koper pascagempa di Kecamatan Pemenang,Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8 - 2018). (Antara/Ahmad Subaidi)
08 Agustus 2018 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA --  Tim gabungan dari Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan dikirimkan ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk membantu masyarakat korban gempa Lombok dalam mengidentifikasi bangunan rusak.

Ketua Lab Beton Teknik Sipil ITS Surabaya, Priyo Suprobo, mengatakan tim gabungan yang akan dikirimkan ini merupakan bagian dari Pusat Studi Kebumian Bencana dan Perubahan Iklim (PSKBPI) ITS.

"Rencananya, dari 10 orang yang berada di PSKBPI ITS akan ada 4 orang yang akan terjun langsung ke lapangan," ujarnya dalam rilis, Senin (6/8/2018).

Dia menjelaskan tugas tim tersebut akan membantu masyarakat setempat untuk mengevaluasi rumah-rumah mereka. Rumah yang masih layak huni harus diperkuat, sedangkan yang berbahaya sementara tidak boleh ditempati.

“Di sana nantinya kami akan menggandeng tim dari Universitas Mataram, sebagai partner kami dalam membantu masyarakat setempat,” imbuhnya.

Selain mengevaluasi rumah-rumah mereka, kunjungan tim gabungan ITS juga bertujuan membagi pengalaman, pengetahuan dan mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana membangun rumah dengan struktur tahan gempa. 

Tim gabungan dari Departemen Teknik Sipil ITS nantinya juga akan memberikan software yang bernama Rapid Visual Screening ITS (R.V. SITS) kepada tim dari Unram.

Software ini berfungsi untuk mitigasi bangunan tahan gempa, yang bisa mengetahui sebuah konstruksi lemah terhadap gempa atau tidak,” imbuhnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara