Bhinneka.com Raup Rp1,5 Triliun dari Transaksi E-Katalog LKPP

Pemukulan gong pembukaan Sosialisasi E-Katalog LKPP: Belanja Cepat Cara Tepat Melalui E-Katalog bersama LKPP di Hotel Aston Madiun, Kamis (2/8 - 2018). (Madiunpos.com/AbdulJalil)
03 Agustus 2018 10:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Toko online Bhinneka.com sepanjang 2017 membukukan transaksi hingga Rp1,5 triliun khusus di bagian penjualan e-katalog yang berada di bawah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Hal itu disampaikan Sales Manager Bhinneka.com, Zulvi Hadi Matondang, seusai Sosialisasi E-Katalog LKPP: Belanja Cepat Cara Tepat Melalui E-Katalog bersama LKPP di Hotel Aston Madiun, Kamis (2/8/2018).

Acara yang digelar LKPP bekerja sama dengan Bhinneka.com itu dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Madiun dan Pemkab Madiun.

Lebih lanjut, Zulvi menyampaikan pada tahun 2017 transaksi Bhinneka.com di e-katalog mencapai Rp1,5 triliun. Sedangkan tahun 2018 ini, pihaknya menargetkan penjualan di e-katalog bisa mencapai Rp1,9 triliun.

"Itu dari transaksi e-katalog saja. Kalau yang lain beda lagi. Untuk omzet tahun ini di e-katalog ditargetkan Rp1,9 triliun," jelas dia.

Dia menuturkan nilai transaksi tersebut berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Sebagian besar barang yang dibeli lembaga pemerintahan melalui Bhinneka.com ini adalah alat-alat elektronik.

Zulvi menyampaikan Bhinneka.com sudah masuk dan terverifikasi oleh LKPP sejak 2015 dan saat itu menjadi pemain tunggal di e-katalog. Kemudian pada tahun berikutnya semakin banyak perusahaan online yang terverifikasi di e-katalog.

Melalui sosialisasi ini, kata dia, pihaknya ingin menginformasikan kepada pemerintah daerah di tingkat kota/kabupaten mengenai barang yang dijual dalam e-katalog. Harga dalam e-katalog biasanya lebih murah dibandingkan harga barang di luar e-katalog.

Kepala LKPP, Agus Prabowo, mengatakan e-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien.

Melalui e-katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Pengelola pengadaan hanya perlu melakukan log in dan melakukan transaksi melalui https://e-katalog.lkpp.go.id/.

Dia mengaku optimistis dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam membeli produk pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannya.

Apalagi, informasi spesifikasi harga dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak.

"Informasi harga dan spesifikasi barang/jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP bersifat terbuka. Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol. Pembeli dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia," jelas dia dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya