Pengganti Sementara Bupati Madiun Muhtarom dari Pemprov

Kereta hias membawa Bupati Madiun Muhtarom dalam Kirab Boyongan di halaman Pendapa Pemkab Madiun, Kamis (2/8 - 2018). (Madiunpos.com/AbdulJalil)
03 Agustus 2018 14:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Tampuk kepemimpinan Pemkab Madiun setelah ditinggal Bupati Muhtarom akan dijabat penjabat (Pj.) bupati yang ditunjuk Gubernur Jawa Timur. Penunjukan Pj. bupati ini setelah Muhtarom selesai memimpin selama dua periode dan berakhir pada Jumat (3/8/2018) ini.

Pelantikan Pj. Bupati Madiun akan dilaksanakan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, pada Jumat ini di Surabaya. Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Tontro Pahlawanto, mengatakan masa jabatan Muhtarom sebagai Bupati Madiun habis pada 3 Agustus 2018.

Sedangkan pelantikan bupati dan wakil bupati hasil Pilkada 2018 dijadwalkan pada 20 September 2018. Untuk mengisi kekosongan pemerintahan ditunjuk lah seorang Pj. bupati.

"Kan ada jeda waktu sampai bupati terpilih dilantik. Itu kan enggak boleh kosong, makanya ditunjuk penjabat. Orangnya merupakan pejabat dari Provinsi Jawa Timur," jelas dia, Kamis (2/8/2018).

Tontro mengaku belum mengetahui siapa pejabat yang akan menjadi Pj. Bupati Madiun dalam jangka waktu 50 hari itu. Nama pejabat yang akan menjadi penjabat itu sebelumnya telah diusulkan Pemprov ke Kementerian Dalam Negeri.

"Saya juga belum tahu siapa yang akan menjadi penjabat. Tapi besok [hari ini] kan ada pelantikan di Surabaya," ujar Tontro.

Bupati Madiun, Muhtarom, mengatakan pelantikan Pj. bupati akan digelar Jumat di Surabaya. Dia mengaku akan berangkat ke Surabaya untuk mengikuti prosesi pelantikan itu.

"Jumat kan acara formalnya. Pelantikan penjabat bupati," kata Muhtarom.