3 Bulan, 15 Kebakaran Terjadi di Kota Madiun

Ilustrasi pemadaman kebakaran. (Solopos/Nicolous Irawan )
02 Agustus 2018 04:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN - Selama tiga bulan terakhir atau sejak Mei hingga Juli 2018, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun, Jawa Timur, menangani sebanyak 15 kasus kebakaran yang terjadi di wilayah kerjanya.

Kepala Satpol PP Kota Madiun, Sunardi Nurcahyono, di Madiun, Rabu (1/8/2018), mengatakan 15 kasus kebakaran tersebut didominasi oleh kebakaran lahan yang dipicu pembakaran sampah.

"Sementara, empat kasus lainnya merupakan kasus kebakaran rumah yang disebabkan karena hubungan arus pendek listrik maupun tabung elpiji yang bocor," ujar Sunardi.

Guna mengantisipasi kasus kebakaran yang rawan terjadi saat musim kemarau, pihaknya telah melakukan berbagai upaya persiapan, di antaranya menyiagakan delapan unit mobil pemadam kebakaran berikut personelnya.

Selain itu, pihaknya juga intensif melakukan sosialisasi kepada warga Kota Madiun melalui berbagai kegiatan pertemuan masyarakat di tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Kami meminta ke masyarakat untuk tidak membakar sampah di tempat sembarangan. Terlebih yang berada di dekat permukiman padat penduduk," kata dia.

Sementara, guna mencegah kebakaran karena hubungan arus pendek listrik, pihaknya juga mengimbau warga secara berkala mengecek instalasi listrik di rumah, kantor, maupun gedung, seperti hotel, mal, dan rumah sakit.

Sunardi menegaskan petugas PMK yang saat ini berada di bawah naungan Satpol PP juga terus berlatih untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam penanganan kebakaran.

Pemkot Madiun juga menambah fasilitas pemadam kebakaran untuk membantu penanganan memadamkan kebakaran. Baik itu berupa penambahan kendaraan hingga alat untuk memadamkam api.

Pihaknya berharap dengan segala upaya yang telah dilakukan tersebut jumlah kebakaran di Kota Madiun dapat berkurang.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara