Pemilu 2019: Sejumlah Parpol Madiun Mengganti Caleg

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
01 Agustus 2018 13:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sejumlah partai politik (parpol) di Kota Madiun mengganti calon anggota legislatif (caleg) yang akan maju pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang. Parpol mengganti caleg yang tak memenuhi syarat.

Komisioner KPU Kota Madiun, Wisnu Wardhana, mengatakan sudah 16 partai politik yang mengembalikan berkas perbaikan caleg. Namun, ada beberapa parpol yang mengganti calegnya karena persoalan persyaratan yang kurang.

"Perbaikan berkas kan sudah selesai. Dan seluruh parpol yang sudah menyerahkan lagi ke KPU Kota Madiun hingga Selasa pukul 22.00 WIB," ujar dia saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/8/2018).

Wisnu menuturkan dari verifikasi yang dilakukan KPU ada satu caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena merupakan mantan napi kasus korupsi.

Setelah penyerahan berkas ini, kata dia, KPU akan kembali melakukan pemeriksaan. Bagi caleg yang tidak memenuhi syarat secara administrasi langsung dicoret dan tidak bisa masuk di daftar calon sementara.

"Kita verifikasi lagi. Kalau yang memenuhi syarat langsung masuk DCS dan yang tidak memenuhi syarat ya tidak bisa masuk DCS," ujar dia.

Mengenai jumlah caleg yang diganti, ujar Wisnu, hanya ada sekitar sepuluh orang. Itu tersebar di beberapa partai politik.

DCS akan diumumkan pada 12 Agustus 2018. Setelah itu, KPU memberikan ruang bagi masyarakat untuk memberi masukan terkait caleg yang telah ditetapkan sementara itu.



Tokopedia