Sambut HUT RI, Pelajar SDN 03 Madiun Lor Cuci Bendera Merah Putih

Siswa-siswi SDN 03 Madiun Lor, Kota Madiun, mencuci bendera merah putih di halaman sekolah mereka, Selasa (31/7 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
31 Juli 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ada banyak cara untuk menanamkan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menghargai bendera merah putih. Salah satunya mencuci sang saka merah putih dengan air yang telah dicampur bunga mawar.

Peringatan kemerdekaan yang digelar setiap 17 Agustus tinggal menunggu hari. SDN 03 Madiun Lor, Kota Madiun, mempunyai "ritual" unik untuk menyambut kedatangan Hari Kemerdekaan RI. Para siswa di SDN 03 Madiun Lor mencuci seluruh bendera merah putih yang ada di sekolah itu.

Pada Selasa (31/7/2018) siang, sebanyak 25 anak di SDN 03 Madiun Lor berbaris, mereka menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan berpuisi tentang kemerdekaan. Setelah berpuisi, 20 anak membawa masing-masing satu bendera merah putih berjalan bak pembawa bendera saat upacara bendera dilaksanakan.

Di depan mereka sudah ada beberapa ember berisi air yang sudah dicampur dengan bunga mawar tabur. Mereka kemudian membuka bendera yang terlipat itu dan mulai memasukkannya ke dalam air dan mencucinya.

Setelah beberapa saat dicuci, satu per satu bendera merah putih itu kemudian dijemur di halaman sekolah itu.

Harlinda, Devina, dan Renza merupakan tiga siswi yang ikut dalam prosesi mencuci sang saka merah putih itu. Mereka mengaku bangga dan senang bisa ikut terlibat untuk mencuci bendera merah putih itu.

"Ini merupakan wujud kecintaan kami terhadap negara dan bangsa Indonesia," kata Harlinda.

Kepala SDN 03 Madiun Lor, Jasmi, menuturkan ada 25 siswa dan siswi yang ikut prosesi mencuci bendera merah putih sebelum peringatan Hari Kemerdekaani. Kegiatan ini merupakan salah satu pelajaran bagi seluruh siswa untuk ikhlas mencintai negara dan bangsa Indonesia.

Para pahlawan kemerdekaan dengan susah payah mengibarkan bendera merah putih. Para pahlawan juga harus berkorban nyawa untuk memperjuangkan kemerdekaan dari bangsa penjajah.

"Sudah selayaknya kita menghargai perjuangan para pahlawan. Salah satunya diungkapkan dengan mencuci bendera merah putih ini," kata dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya