Sempat Kejar-Kejaran, Komplotan Pencuri Kabel Dibekuk di Ngawi

Ilustrasi pencurian. (Solopos/Whisnu Paksa)
31 Juli 2018 09:10 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, NGAWI – Komplotan pencuri kabel telepon milik PT Telkom beraksi di wilayah Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Senin (30/7/2018) dini hari. Aksi tersebut berhasil digagalkan petugas hingga dua dari empat pelaku berhasil ditangkap.

"Benar, Senin dini hari ada percobaan pencurian kabel atau kawat telepon di pinggir Jalan Raya Desa Geneng, Kabupaten Ngawi," kata Kasubbag Humas Polres Ngawi, AKP Eko Setyo Martono, kepada Madiunpos.com, Senin.

Tokopedia

Komplotan pencuri kabel telepon milik PT Telkom itu awalnya sedang memotong kabel yang ada di lokasi kejadian. Aksi tersebut dicurigai salah seorang petani bernama Jumadi yang saat itu sedang mengaliri sawahnya.

Melihat aksi pencurian itu, Jumadi kemudian melaporkan peristiwa itu ke Polsek Geneng. Setibanya di lokasi, pelaku yang mengetahui petugas melarikan diri dnegan mengendarai mobil Daihatsu Xenia berwarna silver berpelat nomor L 1924 C.

Petugas dan komplotan itu sempat kejar-kejaran di Jalan Raya Desa Guyung, Kecamatan Gerih, Ngawi. Hingga akhirnya polisi berhasil membekuk komplotan ini di Dusun Kayut, Desa Guyung dan selanjutnya membawanya ke Polsek Geneng.

Saat mobil itu berhasil diberhentikan hanya ada dua pelaku yaitu Henky Ana Samudro, 26, warga Desa Munggut, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun dan Zulfikar Dwi Saputro, 23, warga Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

"Saat dilakukan penyidikan. Mereka mengaku ada dua pelaku lain yang melarikan diri. Identitas kedua pelaku yang masih buron itu adalah berinisial TAB, 24 tahun dan HRO, 22 tahun," jelas Eko.

Dari tangan pelaku, polisi menyita beberapa barang bukti berupa mobil Xenia berpelat nomor L 1924 C, kabel telepon sepanjang 200 meter, dua tang, dan gergaji.