Waspada Kebakaran, Ini yang Dilakukan Satpol PP Kota Madiun

Ilustrasi pemadaman kebakaran. (Solopos/Nicolous Irawan )
28 Juli 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak delapan mobil pemadam kebakaran disiagakan guna mengantisipasi kasus kebakaran yang rawan terjadi saat musim kemarau di Kabupaten Madiun. Sedangkan personel pemadam kebakaran ada 20 orang yang siap bertugas setiap waktu.

Kepala Satpol PP Kota Madiun Sunardi Nurcahyono di Madiun, Sabtu (28/7/2018), mengatakan pihaknya telah menetapkan siaga kebakaran di wilayah itu pada musim kemarau saat ini.

"Kesiapan tersebut diwujudkan dengan penyiagaan delapan unit mobil pemadam kebakaran berikut personelnya," ujar dia.

Selain penyediaan armada pemadam kebakaran, pihaknya juga intensif melakukan sosialisasi kepada warga Kota Madiun melalui berbagai kegiatan pertemuan masyarakat di tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Kami meminta ke masyarakat untuk tidak membakar sampah di tempat sembarangan. Terlebih yang berada di dekat permukiman padat penduduk," kata dia.

Pihaknya mencatat selama tiga bulan terakhir terdapat 15 kejadian kebakaran di wilayah Kota Madiun. Dari 15 kasus tersebut, didominasi oleh kebakaran lahan yang dipicu pembakaran sampah.

"Sementara, empat kasus lainnya merupakan kasus kebakaraan rumah yang disebabkan hubungan arus pendek listrik maupun tabung elpiji yang bocor," kata dia.

Pihaknya menambahkan untuk personel khusus pemadam kebakaran ada 20 orang yang disiagakan. Para personel tersebut telah mumpuni di bidangnya.

Guna mencegah kebakaran karena hubungan arus pendek listrik, pihaknya juga mengimbau warga secara berkala mengecek instalasi listrik di rumah, kantor, maupun gedung, seperti hotel, mal, dan rumah sakit.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Sumber : Antara