Sakit Ginjal, Pasutri Kota Madiun Gagal Berangkat Haji

Ilustrasi jemaah haji (Solopos)
28 Juli 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dua orang calon haji (calhaj) asal Kota Madiun, Jawa Timur, gagal berangkat ke Tanah Suci tahun 2018 ini. Kedua orang tersebut gagal berangkat haji lantaran mengalami sakit ginjal sehingga harus rutin cuci darah.

Sebelumnya tercatat ada 216 calon haji dari Kota Madiun, namun saat ini hanya 214 calon haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Jemaah calon haji asal Kota Madiun telah diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya pada Sabtu (28/7/2018).

Dua calon haji yang gagal berangkat itu bernama Ahmad Samsuri dan istrinya Musarofah Zainuri Al Ghani. Keduanya merupakan warga Jl. Bayem No. 4, Kelurahan Ngegong, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Ahmad Munir, Sabtu, mengatakan ada dua calon haji asal Kota Madiun yang mengundurkan diri dan tidak jadi berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Surat pembatalan keduanya baru diterima Kemenag dua hari sebelum keberangkatan atau Kamis (26/7/2018).

Pasangan suami istri (pasutri) tersebut membatalkan untuk pergi menunaikan ibadah haji pada tahun ini karena sakit ginjal sehingga membutuhkan cuci darah.

"Ada dua calon haji yang membatalkan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini karena sakit. Mereka kami berikan kesempatan selama dua tahun. Pada musim haji tahun 2019 dan 2020," ujar dia.

Saat keduanya tidak bisa berangkat pada dua kesempatan itu, nantinya akan dikeluarkan dari daftar tunggu atau waiting list.

Lebih lanjut, Ahmad Munir menyatakan seluruh jemaah calon haji asal Kota Madiun diharapkan menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Munir menyampaikan informasi yang diterima, saat ini suhu di Arab Saudi mencapai 50 derajat Celsius.

Oleh sebab itu, seluruh jemaah calhaj asal Kota Madiun juga diminta memperbanyak minum air putih. Selain itu sebaiknya tidak bepergian jika tidak ada urusan penting.

Untuk diketahui, sebanyak 214 calon haji asal Kota Madiun ini masuk kelompok terbang 37 Embarkasi Surabaya.Mereka diberangkatkan bersama 157 calon haji asal Kabupaten Ponorogo san 72 calhaj asal Kota Surabaya.

Sesuai jadwal, jemaah calon haji asal Kota Madiun masuk Asrama Haji Surabaya pada Sabtu sekitar pukul 14.00 WIB. Selanjutnya, mereka akan terbang menuju ke Madinah pada Minggu (29/7/2018) pukul 14.00 WIB menggunakan pesawat Boeing 747 dengan nomor penerbangan SV 5715.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya