350 Bacaleg DPRD Kabupaten Madiun BMS

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
27 Juli 2018 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun mengembalikan sekitar 350 berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke partai politik. Pengembalian berkas caleg lantaran belum memenuhi syarat (BMS).

Ketua KPU Kabupaten Madiun, Wahyudi, mengatakan caleg yang didaftarkan untuk DPRD Kabupaten Madiun sekitar 500 orang. Mereka berasal dari 16 partai politik.  

"Setelah kami lakukan verifikasi, ada sekitar 70% bakal caleg yang dinyatakan belum memenuhi syarat," kata dia, Jumat (27/7/2018).

Wahyudi menyampaikan bakal caleg itu dinyatakan BMS karena berkas pencalonannya belum lengkap. Sebagian besar, bacaleg itu belum melampirkan fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir, ada yang mantan napi belum mengumumkan diri di media cetak, dan sebab administrasi  lainnya.

Seluruh berkas bacaleg yang dinyatakan BMS sudah dikembalikan lagi ke parpol pengusung untuk dilengkapi. KPU memberi waktu perbaikan berkas tersebut hingga 31 Juli 2018.

Setelah itu, berkas bisa dikembalikan lagi dan nantinya KPU akan menetapkan daftar calon sementara.

Wahyudi menyampaikan ada satu bacaleg yang merupakan mantan narapidana korupsi. Saat ini, berkas bacaleg itu dinyatakan belum memenuhi syarat. Pihaknya akan mencari informasi terkait bacaleg yang pernah jadi napi korupsi itu.

Selain itu, komisioner KPU juga melihat ada satu orang kepala desa yang mendaftar sebagai caleg. Sehingga kades tersebut  harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kades.

"Kami melihat setelah verifikasi ada kades, mantan kades, yang maju untuk memperebutkan kursi dewan. Kami juga melihat ada calon anggota DPRD yang pindah partai," ungkap dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia