Balon dan Jajanan Dibagikan Gratis untuk Anak-Anak Penumpang KA di Madiun

Ilustrasi penumpang kereta api. (Bisnis/Rachman)
23 Juli 2018 22:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ratusan balon dan jajanan dibagikan kepada kepada para penumpang anak yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta bersama keluarga mereka, Senin (23/7/2018). Kegiatan itu dilaksanakan PT KAI Daops VII Madiun untuk menyemarakkan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Senin, mengatakan pembagian balon dan jajan bagi penumpang anak-anak tersebut di antaranya dilakukan di Stasiun Besar Madiun.

"Kegiatan ini juga sebagai wujud apresiasi kami kepada para pengguna jasa setia KA yang telah memilih kereta api sebagai moda bepergian jarak jauhnya bersama anak," ujar Ixfan kepada wartawan.

Menurut dia, sekarang Stasiun Madiun sudah semakin ramah anak yang diwujudkan dengan menyediakan fasilitas seperti tempat bermain dan ruang khusus untuk menyusui serta mengganti popok.

Selain itu, adanya area bermain anak di stasiun merupakan salah satu upaya PT KAI (Persero) untuk mewujudkan anak Indonesia yang Genius (Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat).

"Hal itu sesuai dengan tema Hari Anak Nasional tahun ini yang telah ditetapkan Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata dia.

Lebih lanjut Ixfan menjelaskan sebagai penyedia jasa transportasi, KAI berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk anak-anak.

Hal tersebut terwujud dengan diterapkannya aturan tiket Rp0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku oleh orang tua atau tidak membeli kursi. Penerapan aturan ini dimaksudkan untuk menjamin asuransi perjalanan mereka.

"Jadi walaupun tidak membeli kursi alias dipangku selama perjalanan dengan KA, penumpang anak tetap harus bertiket. Tiketnya Rp0 dan dapat diminta di petugas loket sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orang tuanya," imbuh Ixfan.

Selain itu, untuk kenyamanan pengguna jasa, khususnya penumpang anak, kini semua KA telah terpasang penyejuk udara (AC). Jadi anak-anak akan tetap merasa nyaman, tidak kepanasan sepanjang perjalanan.

Pihaknya berharap dengan layanan-layanan ramah anak tersebut, anak dapat beralih dari gadget selama menunggu waktu keberangkatan KA dan memilih untuk bergerak serta bermain sehingga terwujudlah anak Indonesia yang gesit dan sehat.

Selain itu, dengan bermain di area ini, anak-anak juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan sosialnya, menumbuhkan empati, keberanian, dan berinteraksi dengan sesama penumpang anak yang bermain di area bermain anak di stasiun.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Sumber : Antara