Selo Gedong Madiun Punya Spot Keren untuk Pehobi Fotografi

Salah satu tumpukan batu di objek wisata Selo Gedong, Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
21 Juli 2018 20:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kabupaten Madiun kini memiliki tempat wisata baru yang menyuguhkan panorama alam dan udara sejuk. Tempat itu bernama Selo Gedong yang berada di Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota Madiun. Petunjuknya dari Kota Madiun mengambil rute ke arah Dagangan atau RS Paru Dungus kemudian menuju ke kompleks Monumen Kresek. Setelah sampai di Monumen Kresek mengambil jalan lurus menanjak.

Ikuti jalan utama hingga menemukan perkampungan. Tidak ada papan penunjuk arah ke lokasi wisata ini, sehingga wisatawan bisa lebih aktif bertanya kepada warga sekitar. Jalan yang dilewati pun melalui jalan-jalan kampung.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung bisa melihat aktivitas warga yang sedang menjemur sampai memanen cengkih. Suasana sejuk pun terasa di saat melewati rimbunan pohon pinus yang menjulang tinggi di kanan dan kiri jalan.

Sesampainya di lokasi parkir tempat wisata, pengunjung bisa sejenak melepas lelah dengan beristirahat di tempat duduk yang disediakan. Selain itu, ada beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman di tempat tersebut.

Selesai melepas lelah, pengunjung bisa langsung menuju ke objek wisata Selo Gedong atau taman batu besar yang berada di puncak bukit. Pengunjung harus menyusuri jalan menanjak sekitar 250 meter.

Dengan perlahan langkahkan kaki di jalanan setapak yang sudah dibuat warga. Suara burung berkicau menjadi hiburan tersendiri di saat letih menghampiri.

Di saat tiba di lokasi pada waktu yang tepat, pengunjung bisa melihat warga yang sedang memanen getah pinus.

Di lokasi Selo Gedong, ada puluhan batu alam berukuran jumbo yang tertata rapi secara alami. Batu-batu besar ini tertata seperti taman bunga. Di puncak bukit yang berada di Kaki Gunung Wilis ini, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Madiun dari atas.

Pada saat pagi hari, konon Telaga Sarangan Magetan juga bisa terlihat dari atas.

Di batu-batu besar ini, pengunjung bisa sejenak melepas lelah dengan tiduran di atas batu yang sangat lebar seperti tempat tidur. Selain itu, taman batu alam ini juga sangat ramah bagi pecinta fotografi dan selfie. Pengunjung bisa mengabadikan diri dengan latar belakang pemandangan alam yang keren.

Kalau pengunjung ingin mencapai taman batu tanpa melalui jalur pendakian juga bisa. Saat ini sedang dibangun jalan beton untuk menuju ke taman batu tersebut. Sehingga pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor langsung menuju ke lokasi tanpa harus kelelahan mencapai puncak bukit.

Lokasi wisata yang dikelola warga Desa Bodah ini memang baru dibuka setahun lalu. Pengunjung pun masih minim yang datang. Hanya beberapa saja ingin menikmati alam dari atas bukit ini.

Hal itu diakui Kepala Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Dangkung. Menurut dia, taman batu ini sebenarnya memiliki nilai jual dan menarik wisatawan.

Rencananya, pemerintah desa bakal mengembangkan kawasan wisata ini sebagai lokasi bumi perkemahan. "Setelah akses jalan selesai dibangun. Nantinya pemerintah desa akan mengembangkan lokasi wisata ini dan melengkapi fasilitas umumnya," jelas dia, Kamis (19/7/2018).

Dangkung menuturkan objek wisata Selo Gedong ini memang menjual panorama alam dan taman batu alami yang tertata rapi. Meski masih sepi, dia meyakini suatu saat lokasi wisata ini bisa berkembang dan bisa menjadi alternatif tempat wisata masyarakat. 

Tokopedia