Jangan Lewatkan! Charismatik Night Carnival Digelar di Madiun Besok Malam

Poster Charismatic Night Carnival. (Instagram)
20 Juli 2018 21:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun akan menggelar Charismatic Night Carnival (CNC) Sabtu (21/7/2018) malam. Pemkot menjamin karnaval tersebut tidak kalah dengan acara serupa yang digelar di berbagai daerah seperti Solo, Jember, maupun Banyuwangi.

Segala persiapan terus dilakukan panitia untuk membuat perhelatan dalam rangka menyambut HUT Kota Madiun itu lebih semarak.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun, Agus Purwowidakdo, mengatakan saat ini persiapan sudah hampir selesai dan CNC siap menyajikan hiburan untuk masyarakat Sabtu mulai pukul 19.00 WIB.

Dia menyebut persiapan peserta juga telah maksimal. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan para peserta karnaval baik secara non-formal maupun technical meeting.

"CNC ini merupakan agenda baru di Kota Madiun. Meski demikian, gelaran ini tidak kalah dengan gelaran serupa di sejumlah daerah. Seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Jember Fashion Carnival, dan Solo Batik Carnival," jelas Agus, Jumat (20/7/2018).

Dia menyampaikan Kota Madiun hanya kalah start dalam penyelenggaraan event ini. Sedangkan di daerah lain sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya.

"Secara materi kami tidak kalah. Ini benar-benar sesuatu yang berbeda di Kota Madiun," kata Agus.

Menurut dia, CNC tidak hanya ajang fashion, tetapi juga menyuguhkan kesenian, budaya, dan sejarah. Kolaborasi ini dipastikan memberikan nuansa berbeda dalam acara karnaval.

Dia menambahkan peserta karnaval berjumlah ratusan orang, mulai dari instansi pemerintah, swasta, hingga masyarakat umum. Selain itu, beberapa daerah di sekitar Madiun juga akan berpartisipasi dalam event itu.

Beberapa tarian dan kesenian Kota Madiun yang ditampilkan dalam Charismatic Night Festival antara lain tari Pari Suko, Solah Mediunan, Gembrung Kibar, Janur Kuning, dan Mustiko Retno Dumilah.

"Ada 75 penari dengan mendatangkan koreografer dari Surabaya," ujar dia.

Tarian yang ditampilkan menceritakan sejumlah tokoh Madiun seperti Ronggo Jumeno, Sentot Prawirodirjo, hingga Retno Dumilah. Tarian ini menggambarkan perjuangan tokoh Madiun yang melawan penjajah dengan gagah berani.

Lebih lanjut, dia menyampaikan karnaval akan mengambil tempat di Jl. Pahlawan Kota Madiun. Puncak acara ini akan ditutup dengan pertunjukan 100 lampion dan kembang api. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya