5 Pesawat Tempur Dikirim untuk Jaga Keamanan di Ambalat

Petugas memeriksa pesawat T-50i Golden Eagle sebelum berangkan ke Lanud Anang Busra, Tarakan, Kamis (19/7 - 2018). (Istimewa/Lanud Iswahjudi)
20 Juli 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN — Landasan Udara (Lanud) Iswahjudi mengirim lima pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15 untuk melaksanakan misi ke Lanud Anang Busra, Tarakan, Kalimantan Utara. Ada empat misi yang diemban lima pesawat tempur itu di Kalimantan.

Komandan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Letkol Pnb Hendra Supriadi, mengatakan lima pesawat T-50i telah diberangkatkan untuk menjalankan empat misi pada Kamis (19/7/2018) pagi.

Tokopedia

Misi yang diemban para prajurit TNI AU itu antara lain Operasi Garda Nusa, Operasi Lintas Kaswari, terbang jelajah, dan mendukung kegiatan karya bakti TNI AU ke-71.

“Empat misi tersebut akan dilaksanakan selama 14 hari,” kata Hendra, Jumat (20/7/2018).

Dia menceritakan kelima pesawat tempur itu take off dari home base Skadron Udara 15. Pesawat singgah terlebih dahulu di Lanud Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk melaksanakan refuel selanjutnya baru menuju Lanud Anang Busra, Tarakan.

Supriadi menyampaikan lima pesawat ini akan terbagi menjadi dua flight yaitu dua pesawat flight eagle dengan penerbang Mayor Pnb Gultom. “Di sana kelima pesawat itu akan melaksanakan patroli di sekitar Ambalat,” jelas dia.

Misi operasi yang memberangkatkan lima pesawat T-50i Golden Eagle tersebut melibatkan 44 orang ground crew. Selain menggunakan pesawat T-50i, dalam misi ini juga menggunakan pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrahman Saleh, Malang.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya