Populasi Ternak di Kabupaten Madiun Naik Berkat Upaya Ini

Sapi-sapi peserta Kontes Ternak yang diselenggarakan Pemkab Madiun di Lapangan Kelurahan Munggut, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Selasa (17/7 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
19 Juli 2018 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Populasi ternak di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun mencatat populasi ternak dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, rata-rata 5-10 persen.

Bupati Madiun, Muhtarom, di Madiun, Rabu (18/7/2018), mengatakan terdapat sejumlah upaya yang dilakukan jajarannya di Dinas Pertanian dan Perikanan untuk meningkatkan populasi ternak, terlebih sapi potong.

Tokopedia

"Di antaranya melalui program-program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka mendukung swasembada daging nasional," jelas dia.

Yakni program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang bertujuan mempercepat peningkatan populasi ternak ruminansia besar, baik sapi perah, sapi potong, maupun kerbau.

Adapun, Upsus Siwab diwujudkan dengan melakukan inseminasi buatan atau kawin suntik terhadap ternak sapi dan kerbau.

"Sejak program tersebut digulirkan, dari target 20.000 ekor ternak ruminansia besar, sejauh ini telah terealisasi 14.800 ekor di Madiun," tambah Bupati Muhtarom.

Saat ini, populasi sapi potong di Madiun mencapai 60.881 ekor. Sedangkan populasi kambing sebanyak 76.445 ekor, domba 22.667 ekor, dan unggas 3.247.555 ekor.

Jumlah itu meningkat dari catatan tahun 2015, di mana populasi sapi potong di daerah itu mencapai 57.321 ekor. Sedangkan populasi kambing sebanyak 65.771 ekor, domba 21.425 ekor, dan unggas sebanyak 2.028.069 ekor.

Lebih lanjut, Muhtarom membeberkan upaya lain yang dilakukan untuk meningkatkan populasi ternak adalah perbaikan infrastruktur, sarana, dan prasarana melalui pengembangan pembibitan ternak serta perbaikan mutu pakan ternak.

Kemudian, penerapan teknologi reproduksi ternak serta pembangunan puskeswan.

"Dan untuk memotivasi para peternak biar lebih semangat, Pemkab Madiun juga menggelar kontes ternak sehat yang telah menjadi agenda tahunan saat momentum HUT Kabupaten Madiun," tambah Bupati Madiun.

Dengan kontes ternak tersebut, diharapkan mampu menggugah minat masyarakat dan memotivasi peternak untuk memproduksi bibit ternak yang berkualitas.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Sumber : Antara