Ratusan Calhaj Ngawi Segera Berangkat ke Tanah Suci Setelah Menunggu 8 Tahun

Penyerahan paspor haji - Solopos/Dok
18 Juli 2018 18:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, NGAWI -- Persiapan calon jemaah haji (CJH/calhaj) asal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, untuk berangkat ke Tanah Suci sudah mencapai hampir 100%. Di antaranya persiapan dokumen seperti paspor, kemudian pemeriksaan kesehatan, dan kegiatan seperti manasik haji telah dilaksanakan.

Data kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ngawi mencatat jumlah CJH asal Ngawi di 2018 mencapai 310 orang.

"Jumlah 310 orang tersebut meningkat 45 orang dibandingkan dengan CJH pada 2017 yang hanya tercatat sebanyak 265 orang," ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Ngawi, Mukibbudin, di Ngawi, Selasa (17/7/2018).

Dia menjelaskan peningkatan tersebut menyesuaikan dengan kuota yang ditetapkan untuk Ngawi yang ditentukan oleh Kemenag Jawa Timur. Rata-rata, calhaj asal Ngawi yang berangkat pada musim haji 2018, telah menunggu waktu keberangkatan selama delapan tahun dari waktu pendaftaran.

Pihaknya berharap jumlah CJH yang berangkat ke Tanah Suci setiap tahunnya dapat bertambah seiring dengan semakin banyaknya warga Ngawi yang mendaftar dan menunggu untuk berangkat menunaikan ibadah haji.

Mukibbudin menguraikan dari 310 CJH tercatat tahun ini terdiri atas 306 calhaj reguler, dua tim pemandu ibadah haji, dan dua calhaj lainnya merupakan mutasi dari luar Ngawi.

Dari 310 CJH tersebut hanya sebanyak 302 orang berangkat dari Ngawi. Sisanya sebanyak delapan CJH akan berangkat melalui kelompok terbang (kloter) lain.

Mukibbudin menjelaskan 302 CJH berangkat dari Ngawi masuk dalam kelompok terbang (kloter) 35 dan akan diberangkatkan dari Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi menuju Asrama Haji Surabaya pada tanggal 28 Juli 2018.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Tokopedia

Sumber : Antara