76 UKM dan 8 Koperasi Pacitan Dapat Dana Bergulir Rp2 Miliar

Bupati Pacitan, Indartato (kanan), memberikan bantuan raskin kepada warga. (Solopos/Dok)
18 Juli 2018 10:15 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PACITAN -- Sebanyak 76 unit usaha kecil menengah (UKM) dan delapan koperasi di Kabupaten Pacitan mendapat kucuran dana bergulir senilai lebih dari Rp2 miliar dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Penyerahan dana bergulir dilakukan secara simbolis di halaman pendapa Kabupaten Pacitan seusai upacara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 dan Hari Keluarga Nasional ke-25, Selasa (17/7/2018).

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Pacitan, Indartato, mengatakan pemerintah terus mendorong upaya pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku bisnis koperasi dan UMKM sehingga gerakan koperasi Indonesia dapat memanfaatkan teknologi digital.

“Pemerintah akan terus hadir dan berkomitmen membina koperasi melalui berbagai kebijakan dan program. Kebijakan pemerintah terutama sebagai upaya untuk menciptakan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan pemasyarakatan koperasi,” kata dia seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com.

Ada empat hal yang perlu diselenggarakan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Pemerintah memberikan kesempatan usaha yang seluas-luasnya kepada koperasi. Pemerintah harus meningkatkan dan memantapkan kemampuan koperasi agar menjadi koperasi yang sehat, tangguh, dan mandiri.

Selain itu, pemerintah harus mengupayakan tata hubungan menguntungkan antara koperasi dengan badan usaha lainnya. Mengenai Hari Keluarga Nasional, Indartato menyampaikan peringatan tersebut bisa dinikmati oleh seluruh keluarga Indonesia dengan menggunakan waktu bersama keluarga. Seperti berkumpul, bersosialisasi, berinteraksi, berdaya, serta peduli.

Pada kesempatan itu diserahkan piagam penghargaan Dharma Karya Kencana BKKBN Nasional kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak Pacitan, Tri Hariadi Hendra Purwaka.

Penghargaan tersebut diberikan karena Tri Hariadi dianggap mampu menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga bahagia dan sejahatera.



Tokopedia