Pemkot Madiun Libatkan ITS Sempurnakan E-Government

ilustrasi jaringan internet e/office. (illustratiction.fr)
16 Juli 2018 16:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun berupaya menyempurnakan sistem pemerintahan elektronik atau e-Goverment yang telah diterapkan demi terwujud keterbukaan informasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, Pemkot menggandeng tim ahli dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Madiun Subakri mengatakan Kota Madiun sudah menerapkan e-Government atau pemerintahan secara elektronik, mulai dari e-Planning, e-Budgeting, dan e-Monev. Ketiganya mulai terintegrasikan pada tahun ini dan semakin disempurnakan.

Tokopedia

"Penyempurnaan dengan melibatkan tim ahli dari ITS tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan tata kelola pemerintahan yang baik," ujar Subakri, Sabtu (14/7/2018), di Madiun.

Dia menambahkan dengan tata kelola yang baik, secara tidak langsung juga akan memberikan output kepada masyarakat yang baik pula.

Adapun, upaya menyuguhkan keterbukaan melalui pemerintahan secara elektronik terus dilakukan secara bertahap oleh pemkot demi kesempurnaan. Dengan demikian, ungkap dia, masyarakat dapat turut mengawasi jalannya pemerintahan dengan lebih baik.

Kepala Laboratorium e-Goverment ITS Tony Dwi Susanto menyebutkan Kota Madiun sudah memiliki sistem tata kelola e-Government yang bagus, karena ketiga unsurnya sudah terintegrasikan.

"Ini penting, karena di sejumlah daerah lain masih berjalan sendiri-sendiri. Hal itu menjadi modal besar untuk menuju smart city dan save city. Namun, tentu masih terdapat banyak penyempurnaan ke depan," kata Tony.

Menurutnya, hal-hal yang perlu disempurnaan di antaranya penyediaan sejumlah aplikasi penunjang. Pihaknya menyebutkan e-Government bukan tugas Diskominfo semata, namun semua organisasi perangkat daerah (OPD).

"Prinsipnya pemerintah akan selalu menerapkan sistem tata kelola yang baik demi kesejahteraan masyarakat," kata dia pula.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara