Polisi Ambil Sampel Makanan Pemicu Keracunan Massal Ngawi

Salah satu korban yang diduga mengalami keracuanan makanan dirawat di Puskesmas Kwadungan, Jumat (13/7 - 2018). (Istimewa/Polres Ngawi)
15 Juli 2018 11:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, NGAWI -- Aparat Polres Ngawi bersama petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi mengambil sampel makanan dan minuman yang diduga menjadi penyebab keracunan massal  di tempat hajatan, yakni rumah Sarni di Dusun Ganting, Desa Karangsono, Kecamatan Kwadungan, Ngawi, Sabtu (14/7/2018).

Sebanyak 32 orang mengalami keracunan seusai menyantap makanan dan minuman di tempat hajatan itu. "Setelah seluruh korban keracunan makanan dibawa ke Puskesmas maupun rumah sakit. Kami bersama Dinas Kesehatan mengambil sampel makanan dan minuman yang dihidangkan saat acara resepsi mantu di rumah Sarni warga Dusun Ganting, Desa Karangsono, Kecamatan Kwadungan," kata Kasubbag Humas Polres Ngawi, AKP Eko Setyo Martono, saat dihubungi Madiunpos.com, Sabtu.

Eko menuturkan sampel makanan dan minuman tersebut akan dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Surabaya untuk membuktikan ada kandungan zat berbahaya atau tidak. Beberapa makanan dan minuman yang diperiksa yaitu kuah rawon, sambel daging ayam, bumbu rawon yang ditempatkan pada tiga buah cup kecil yang ada tutupnya, bahan minuman es berupa satu botol pasta bahan perasa dan warna minuman, makanan kecil berupa roti, pastel kering, air mineral, kacang telur, dan cendol keju.

Mengenai kondisi korban keracunan  yang dirawat inap, dia mengatakan kondisi mereka semakin membaik. Sedangkan untuk korban yang dirawat di RS Panti Waluyo Caruban juga menunjukkan kondisi yang semakin membaik.

Polisi juga membuat posko siaga di rumah Kadus Ganting. Hal ini supaya kalau ada warga yang merasa sakit karena keracunan makanan bisa langsung ditangani.

"Kami sudah koordinasi dengan Puskesmas Kwadungan untuk membuat posko siaga. Ini sebagai bentuk antisipasi saja apabila ada korban tambahan," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 32 orang mengalami keracunan makanan saat mengikuti acara hajatan mantu di salah satu warga Dusun Ganting, Desa Karangsono, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi, Jumat (13/7/2018) malam. Seluruh korban yang mengalami keracunan makanan itu langsung dibawa ke puskesmas dan rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.


Tokopedia