Blitar Siap Pasok Telur Ayam ke DKI Jakarta

ilustrasi telur. (Solopos/Dok)
09 Juli 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Blitar memastikan penyediaan kebutuhan bahan pangan untuk masyarakat di DKI Jakarta. Hal itu tertuang dalam penandatangan kesepakatan kerja sama oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Bupati Blitar Rijanto di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (9/7/2018).

"Ini adalah payung kerja sama antara Pemprov DKI dengan Pemkab Blitar. Kita membutuhkan kepastian suplai terus menerus agar warga di Jakarta mendapatkan kebutuhan dasar tanpa hambatan," kata Anies Baswedan.

Untuk itu, ungkap dia, ditugaskan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menjalankan berbagai kerja sama dengan semua pihak dalam negeri yang memungkinkan adanya suplai, salah satunya untuk kebutuhan seperti telur dan ayam ras dari Blitar.

"Kerja sama ini antara Food Station Tjipinang dengan Koperasi Putra Blitar," kata dia.

Untuk diketahui, saat ini 98 persen kebutuhan pangan Jakarta berasal dari luar Jakarta, sedangkan kebutuhan telur sebanyak 100 persen dari luar Jakarta. 

Sementara itu, Rijanto bersyukur telah dilaksanakan kesepakatan antara Pemprov DKI dengan Pemkab Blitar terkait pangan.

"Blitar ini daerah yang agragis, daerah pertanian potensi sekali untuk ternak ayam telur. Ayam petelur itu sehari dari Blitar saja 450 ton, tentunya DKI sangat membutuhkan hal ini," kata Rijanto.

Kemudian potensi lain masih ada seperti susu perhari saat ini 120 ton. Satu tahun lagi akan meningkat karena ada investor yang tanam modal di bisnis sapi perah itu 10.000 ekor.

"Sehingga diprediksi akan menjadi 150 ton perhari, ditambah yang dikelola koperasi 120 ton," katanya.

Tokopedia

Sumber : Antara