PT Inka Dapat Anugerah Ganesa Widya Jasa Adiutama dari ITB

Penyerahan penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama di Kampus ITB, Bandung, Rabu (4/7/2018). (Istimewa - PT Inka)
06 Juli 2018 21:05 WIB Rohmah Ermawati Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- PT Industri Kereta Api atau PT Inka (Persero) menjadi satu dari 24 pihak yang menerima penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Penghargaan itu diberikan dalam acara peringatan 98 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia di Kampus ITB, Jl. Ganesa No. 10, Bandung, Rabu (4/7/2018).

PT Inka mendapat penghargaan itu atas Jasa dan Kontribusi yang Luar Biasa dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni di Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi kepada Direktur Teknologi dan Komersial PT Inka (Persero), Agung Sedaju, yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam rilis yang diterima madiunpos.com dari PT Inka, Kamis (5/7/2018), penghargaan itu menjadi bukti keberadaan dan pencapaian PT Inka (Persero) sebagai industri manufaktur sarana perkeretaapian juga turut memajukan pendidikan nasional khususnya di bidang teknologi.

"Sebagai industri, PT Inka (Persero) telah bekerja sama dengan  berbagai perguruan tinggi dalam upaya mewujudkan link and match serta untuk saling menunjang tugas kelembagaan masing-masing," demikian tertulis dalam rilis itu.

PT Inka (Persero) sebagai industri manufaktur sarana perkeretaapian dan perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan yang menyiapkan tenaga terampil dan ahli di bidang teknologi manufaktur sarana kereta api serta kontribusi ilmu pengetahuan juga diharapkan mampu menunjang inovasi PT Inka dalam usaha ke depan, yakni dalam mengembangkan LRT dan memproduksi kereta cepat.

Sementara itu, seperti dikutip dari laman itb.ac.id, Jumat (6/7/2018), ITB memberikan apresiasi dalam bentuk enam kategori penghargaan, yaitu Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dan Utama, Ganesa Widya Jasa Adiutama dan Utama, Ganesa Wirya Jasa Adiutama dan Utama.

Penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama diberikan antara lain kepada Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. Bambang S. Brodjonegoro, Ph.D.selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia RI dan Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada pejabat pemerintah yang telah menunjukkan jasa dan pengabdian yang menonjol atau luar biasa selama menjabat.

Sementara itu, penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Utama diberikan kepada Luky Alfirman, M.A., Ph.D. selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI dan Dr. M. Saleh Latuconsina sebagai Gubernur Maluku Periode 1998-2002.

Penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama diberikan kepada Robert D. Van der Hilst, Assoc Prof Paul Jones, Prof. Rolf Gruber, Nyoman Nuarta, Ir. Nanang Untung, IPU, Widya Sawitar, dan PT Industri Kereta Api yang telah menunjukkan jasa atau prestasi yang menonjol dalam melaksanakan kegiatan pengembangan Iptek di tingkat internasional maupun nasional termasuk untuk ITB.

Kemudian penghargaan Ganesa Wirya Jasa Adiutama yang akan diberikan kepada Alex J. Sinaga, Arifin Siregar, Ir. Hari Tjahjono, Ririek Adriansyah, Pia Alisjahbana, Jeffrey Samosir, dr. Boenjamin Setiawan, UPP PT Chevron Pacific Indonesia, dan PT Kimia Farma Tbk.

Selanjutnya penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama diberikan kepada Nanang Henky Suharto, Kusetiadi Raharjo, Drs. Djadjat Suhardja, Ir. Glen Pardede. Dan penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama diberikan kepada Darjoto Setyawan, Subakat Hadi, Achmad Zaky, Yayasan Solidarity Forever, IA Teknik Pertambangan ITB Angkatan 1983, dan IA Teknik Lingkungan ITB pengurus periode 2012-2017.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi ITB, Miming Miharja, mengatakan, proses pengusulan nama-nama yang diberikan untuk penghargaan tersebut telah berdasarkan usulan dari fakultas/sekolah atau unit terkait di ITB, lalu dievaluasi dan ditetapkan. Adapun jumlah total yang mendapatkan penghargaan sebanyak 31 orang.

"Untuk bapak dan ibu yang menerima penghargaan, semoga dapat menginspirasi yang lain, juga semakin menambah karya untuk kemajuan bangsa. Selamat kepada penerima penghargaan semoga Allah catatkan sebagai amal kebaikan," kata Miming Miharja saat memberikan sambutan kepada para penerima penghargaan.

Tokopedia