Pilkada Jatim: Khofifah-Emil Dardak Menang Telak di Nganjuk

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Emil Elestianto Dardak memberikan keterangan pers di posko kediamannya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/6 - 2018). (Antara/Moch Asim)
05 Juli 2018 13:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, NGANJUK -- Pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, unggul dalam proses rekapitulasi penghitungan suara manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk.

"Dari hasil rekapitulasi, untuk yang unggul adalah pasangan calon nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak," kata Ketua KPU Nganjuk M. Agus Rahman Hakim setelah rapat pleno terbuka untuk Pemilihan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jatim serta calon Bupati dan calon Wakil Bupati Nganjuk, di Nganjuk, Rabu (4/7/2018).

Dari hasil rekapitulasi oleh KPU Kabupaten Nganjuk, Khofifah-Emil Dardak mendapatkan 327.234 suara, sedangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno hanya meraup  233.401 suara.

Pihaknya kini lega, sebab tahapan untuk penyelenggarakan pilkada sudah sampai dalam proses rekapitulasi. KPU juga langsung membuatkan hasil penetapan proses rekapitulasi tersebut dan nantinya akan disampaikan ke KPU Provinsi Jatim.

"Tidak ada yang mengajukan keberatan, tidak ada catatan kejadian," ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan tahapan pilkada, sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar serta tidak diwarnai dengan kericuhan.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri dari jajaran seluruh Komisioner KPU Kabupaten Nganjuk, Panwas Pilkada Nganjuk, kepolisian, TNI, perwakilan kejaksaaan negeri, pengadilan negeri, PPK hingga panwas kecamatan, satpol PP, sampai saksi dari masing-masing pasangan calon.

Pembacaan hasil rekapitulasi dilakukan untuk Pilkada Jatim serta Pilkada Kabupaten Nganjuk. Proses pembacaaan dilakukan oleh Komisioer KPU Kabupaten Nganjuk.

Untuk Pilkada Jatim yang memilih calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jatim, diketahui jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten ini mencapai 848.657 orang pemilih, dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) hingga 2.079 yang tersebar di 20 kecamatan.

Dari jumlah rekapitulasi manual, diketahui jumlah pemilih yang hadir mencapai 586.809 orang, dengan suara sah 560.635 suara dan yang tidak sah hingga 26.174 suara, serta yang tidak hadir hingga 261.848 pemilih.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara