TNI AU Buka Pendaftaran Calon Bintara, Ini Syaratnya

Lambang TNI AU (wikipedia)
29 Juni 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN — TNI Angkatan Udara memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendaftar dan menjadi bintara prajurit karier TNI AU. Pendaftaran secara secara online sudah dimulai 1 Juni hingga 31 Juli 2018 mendatang.

Kepala Dinas Personel Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb Saeful Rakhmat, mengatakan tahun ini TNI AU memberi kesempatan kepada pemuda pemudi untuk dididik menjadi prajurit TNI AU.

Bagi pemuda pemudi yang memiliki ijazah setingkat SMA/MA dan SMK bisa mendaftarkan diri secara online melalui http://au.rekrutmentni.net atau http://rekrutment-tni.mil.id. Untuk pendaftar yang ada di wilayah Madiun Raya bisa menghubungi bagian personal Lanud Iswahjudi di nomor 0351869712 atau 401074.

Saeful menyampaikan persyaratan umum yang harus dipenuhi yaitu WNI, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, serta setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pendaftar harus sehat jasmani dan rohani, tidak mmeiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian, dan tidak kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Pendaftar minimal berusia 17 tahun 9 bulan.

Persyaratan khusus yang harus dipenuhi bagi calon pelamar yaitu berijazah SMA/MA IPA, SMK Teknik/Teknologi/Paramedis (kecuali yang berhubungan dengan pelayaran, perkapalan, perikanan, pertanian, perkebunan, peternakan, perhotelan, pariwisata, dan sekolah musik) dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta foto kopi yang telah dilegalisasi (sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 29 tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup) dan buku rapor asli SMA/MA/SMK.

Untuk pendaftar Bintara wanita berijzah SMA/MA semua jurusan dan SMK jurusan paramedis, perkantoran, akuntansi, teknik informatika, dan manajemen dengan syarat melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta foto kopi yang telah dilegalisasi dilegalisasi (sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 29 tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup) dan buku rapor asli SMA/MA/SMK.

Tinggi badan pelamar untuk pria 163 cm dan wanita 157 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku. Bersedia menandatangi surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama tujuh tahun bermaterai.

“Saya kira bagi mereka yang sudah berkeingan bergabung pasti sudah mempersiapkan diri,” kata Saeful dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com dari Lanud Iswahjudi, Jumat (29/6/2018).

Dia menutukan bagi orang tua atau wali harus menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi, kepada pihak manapun. Bagi pendaftar yang sudah bekerja secara tetap harus mendapat persetujuan resmi dan bersedia mengundurkan diri apabila lulus dan diterima masuk pendidikan.