Lengkap! Hasil Quick Count Pilkada Kabupaten dan Kota di Jatim

Pemilih memperlihatkan jarinya, seusai mencoblos di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (27/6/2018). - JIBI/Wahyu Darmawan
28 Juni 2018 20:33 WIB Miftahul Ulum Madiun Share :

Solopos.com, SURABAYA – Agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar di 18 Kabupaten/Kota di Jawa Timur pada Rabu (27/6/2018) menyisakan saling klaim kemenangan antarpasangan calon.

Berdasar rekapitulasi yang dihimpun dari Kantor Berita Antara dan sejumlah pemberitaan media, ada empat daerah yang calon kepala daerahnya berebut klaim kemenangan. Keempatnya Kabupaten Bojonegoro, Bangkalan, Sampang dan Pamekasan.

Pasangan Calon Bupati Pamekasan, Jawa Timur KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah) menggelar rilis tandingan terkait hasil perolehan suara pilkada 27 Juni 2018 dan mengklaim pasangan nomor urut 2 ini unggul dibanding pesaingnya, Badrut Tamam-Raja'e (Berbaur).

Hasil Pilkada Kab/Kota Jatim Versi Hitung Cepat
Kab. Lumajang Thoriqul Haq – Indah Amperawati (40%-43%)       PKB dan Gerindra                     
Kab. BondowosoSalwa Arifin – Irwan Bachtiar (51,9%)PPP, PDI-P, Hanura, PKPI, dan PBB.
Kab. ProbolinggoTantriana Sari – Timbul Prihanjoko (56,32)Partai Nasdem, PDI-P, Golkar, PPP dan Gerindra.
Kota. ProbolinggoHadi Zainal Abidin – M. Soufis Subri (50%)PKB, Demokrat dan PKS
Kab. PasuruanM Irsyad Yusuf -  KH Mujib ImronPKB, Nasdem, PPP, Golkar, PKS, Gerindra, Hanura, PDI-P, Demokrat
Kota MalangSutiaji – Sofyan Edi J. (43,6%)Golkar dan Demokrat
Kab. Nganjuk  
Kab. JombangMundjidah – Sumrambah (49,21%)PPP, Demokrat, Gerindra
Kota KediriAbdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah (60%)PAN, Nasdem, Demokrat, PKS & PDI Perjuangan
Kota MadiunMaidi-Inda Raya (38,54%)PDIP, Demokrat, PKB, PAN, dan PPP
Kab. MadiunAhmad Dawami – Hari WuryantoDemokrat, Golkar, PKPI
Kab. MagetanSuprawoto – Nanik Endang (44,72%)Demokrat, PPP, Hanura
Kab. TulungagungSyahri Mulyo – Maryoto Bhirowo (60,9%)PDIP dan Nasdem
Kab. BojonegoroPaslon saling klaim kemenangan 
Kab. BangkalanPaslon saling klaim kemenangan 
Kab. SampangPaslon saling klaim kemenangan 
Kab. PamekasanPaslon saling klaim kemenangan 
   

Kholil menyatakan data kemenangan itu merupakan hasil survei sejumlah media dengan persentase antara 12 hingga 22 persen.

"Hasil survei terakhir dari berbagai media, paling bawah menyebutkan Kholifah menang 12 persen dan yang paling tinggi 22 persen," ujar Kholil di kediamannya di Pondok Pesantren Matsaratul Huda, Penempan, Pamekasan, Rabu malam.

Tim Pemenangan Badrut Tamam-Raja'e (Berbaur) menyampaikan rilis tentang hasil akhir perhitungan cepat yang dilakukan tim dan Lembaga Survei dari Polltrack Insitute Indonesia.

Dalam rilis yang disampaikan tim pemenangan pasangan nomor urut 1 itu disebutkan, pasangan Berbaur menang sebanyak 32.159 suara dibanding pasangan Kholifah. Bila dipersentase Berbaur menang 54,2 persen, dan Kholifah sebanyak 45,8 persen.

Peringatan soal potensi perbedaan hasil hitung cepat sebenarnya sudah disampaikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Pasangan calon diminta tidak terlalu percaya hitung cepat sebelum ada hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita meyakini proses setelah pencoblosan hari ini yakni tanggal 3 Juli tentang kepastian penghitungan oleh KPU. Yang lain adalah quick count atau hitung cepat jangan sampai menimbulkan permasalahan," kata Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo, Rabu (27/6/2018).

Pakde Karwo mengimbau kepada para pasangan calon dalam pesta demokrasi jika ada sengketa dan perbedaan diselesaikan maka harus diselesaikan dalam koridor hukum.

"Seperti sudah merasa menang dalam quick count, tapi realitasnya tidak. Itu jangan sampai persepsi yang salah adalah hitung cepat. Malah yang betul adalah penghitungan," ucapnya.

Soekarwo mengungkapkan di provinsi yang dia pimpin didatangi oleh lembaga pemilihan umum internasional dari 24 negara dengan 150 orang peserta.

Tokopedia