Gus Ipul-Puti Menang Tipis di Kota Madiun

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno. (Antara/Fikri Yusuf)
27 Juni 2018 22:15 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim), Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, meraih suara terbanyak di Kota Madiun versi perhitungan cepat Bakesbangpol Kota Madiun, Rabu (27/6/2018).

Paslon nomor urut dua itu mendapat 52.835 suara atau 51,24%. Gus Ipul-Puti Guntur menang tipis dari paslon nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak yang mendapat 50.284 suara atau 48,76% di Kota Madiun.

Hasil perolehan suara itu berasal dari 103.119 suara sah masuk. Hitung cepat dari Bakesbangpol Kota Madiun ini dimulai sejak pukul 14.30 WIB hingga 20.20 WIB.

Kepala Bakesbangpol Kota Madiun, Bambang Subanto, mengatakan data yang ditampilkan Bakesbangpol ini merupakan hasil sementara perolehan suara pada Pilwakot Madiun dan Pilgub Jawa Timur. Untuk hasil resmi menunggu dari KPU Kota Madiun.

"Kami menempatkan petugas di seluruh TPS. Satu TPS satu petugas dari Bakesbangpol," jelas dia di kantor Bakesbangpol setempat, Rabu malam.

Dia menuturkan metode penghitungan ini menggunakan metode caraka yaitu mengambil data dari setiap TPS yang ada di Kota Madiun. Jadi, perolehan hasil suara di setiap TPS yang sudah dihitung kemudian diterima relawan Bakesbangpol dan kemudian diinput.

Bambang menilai hasil ini bisa dikatakan valid karena basis data dari rekapitulasi di setiap TPS. "Hasil ini tidak akan bergeser jauh (data KPU Kota Madiun). Ini perhitungan real dari masing-masing TPS," terang dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia